Berita Nasional Terpercaya

Academic Excellence Day 2018, Ajang Pembuktian Pengembangan Teknologi

0

Bernas.id – Surya Darmawan, Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY) mengatakan bahwa kegiatan Academic Excellence Day 2018 sebagai ajang pembuktian kepada industri bahwa UTY Jogja memang memiliki perhatian khusus terhadap pengembangan teknologi. Pameran ini menampilkan berbagai bidang inovasi mahasiswa UTY, misal bidang teknologi, bidang teknologi tepat guna seperti alat-alat, industri kreatif, dan terakhir kuliner, Sleman, UTY, Daerah Istimewa Yogyakarta, Sabtu 4 Agustus 2018.

?Pameran ini dalam rangka untuk membuktikan dan menunjukkan kepada industri bahwa UTY memang konsern terhadap pengembangan teknologi. UTY juga konsern terhadap pengembangan jiwa kewirausahaan mahasiswa kita,? katanya ke Benras.id di sela-sela acara Academic Excellence Day 2018 di Kampus 1 UTY.

?Kita arahnya nanti mix and match dengan industri. Apa kebutuhan industri, perguruan tinggi menyediakan,? imbuh Surya.

Surya mengatakan bahwa banyak sekali penemuan inovasi yang menarik di Academic Excellence Day 2018. ?Saya juga terkaget-kaget melihat kreativitas mahasiswa seperti menciptakan pupuk organik. Dia kreatif usaha sendiri membuat pupuk organik, mahasiswa yang wirausaha sendiri. Lalu seperti kerajinan Archery, binaan dari inkubator bisnis LPPM UTY. Jaket lukis juga ada, ternyata mahasiswa kita kreatif-kreatif,? bebernya.

?Hampir semua mahasiswa kita yang melakukan pameran berasal dari berbagai jurusan. Inilah yang disebut dengan start up,? tambahnya.

Surya menceritakan tentang adanya inovasi teknologi mesin adonan bumbu bakpia. ?Tadinya yang manual seperti membuat dodol, diaduk yang memerlukan waktu sekitar satu jam, tapi dengan mesin itu, bisa ditinggal. Kalau dia ngangkat 10 kilogram, tiga jam tidak ada masalah karena ada timernya. Cuma tadi ada sedikit keluhan masalah energi karena pakai motor yang memakai daya listrik yang cukup besar, nanti akan diakali dengan baterai lithium yang lebih murah,? paparnya.

?Lalu, ada sepeda listrik, karya cipta mahasiswa bersama dosen yang konsern terhadap pengembangan start up dan pengembangan teknologi. Kita ingin menunjukkan bahwa UTY peduli terhadap pengembangan teknologi sesuai dengan misi universitas,? imbuhnya.

Harapan ke depan, sebut Surya, akan muncul industriawan dan wirausahawan baru yang tidak sekedar lulus bawa ijasah, tapi mempunyai semangat enterpreneurship. ?Tidak perlu cari kerja, tapi menciptakan lapangan kerja. Itu yang kita harapkan,? pungkasnya. (Jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.