Berita Nasional Terpercaya

Sultan Makan Tumpeng Bersama Rakyat di Malioboro, Beri Peringatan Pada Para Pemimpin.

0

Bernas.id – Gubernur DIY Sri Sultan HB X makan nasi tumpeng bersama dengan rakyat Jogja di kawasan Jalan Malioboro dalam acara “Tumpengan Pancasila: Dahar Kembul Sri Sultan HB X Bersama Rakyat”. Acara yang digelar digelar Selasa (7/8/2018) malam ini dihadiri ribuan warga yang duduk lesehan di jalanan, bersama-sama Sultan menyantap tumpeng.

Acara digelar untuk memaknai momentum Bulan Pancasila. Menurut data terkini, sebanyak 357 buah tumpeng sumbangan berbagai lapisan masyarakat disajikan untuk makan bersama secara lesehan.

Kehadiran gubernur yang bersama isteri dan puteri didampingi wakil gubernur Paku Alam X dan isteri. Hadir pula beberapa tokoh seperti Ganjar Pranowo, Mahfud MD, dan Romo Benny Susetyo. Bersama jajaran Forkominda dan tokoh masyarakat, mereka duduk lesehan di Malioboro 'dahar kembul' berbaur bersama masyarakat sebagai bentuk nyata golong gilig antara pemimpin dan masyarakat. 

“Pemimpin jangan bisanya mengibarkan bendera sendiri, tetapi juga bisa mengibarkan bendera yang lain. Jadi aman nyaman,” ujar Sultan.

Ia menerangkan, peristiwa makan bersama semacam ini adalah budaya khas dan efektif untuk bisa saling berkomunikasi dengan baik. Harapannya, peristiwa malam ini untuk mengingatkan bahwa Yogyakarta adalah akan selalu menjadi bagian NKRI.

“Sehingga saudara-saudara harus paham akan ideologi Pancasila dan rasa kebangsaan,” pesan Sultan yang menyerahkan potongan tumpeng pertama pada Mahfud MD.

Pelaksanaan acara 'dahar kembul' ini sengaja dipilih bertepatan dengan hari Selasa Wage, sebab pada hari ini selama satu hari penuh aktivitas perdagangan kaki lima di Malioboro libur. Acara dimeriahkan dengan penampilan berbagai pentas seni yang bernuansa kenhinekaan dan nasionalisme. Selain itu dilakukan pula penggalangan dana untuk korban bencana gempa di Lombok. (Den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.