Berita Nasional Terpercaya

One Day For Children di Monjali Jogja, Anak-anak Jadi Raja dan Ratu Sehari

0

Bernas.id – Dinas Sosial Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menggelar kegiatan One Day For Children (ODFC) bertema “Anak Indonesia Bahagia Sejahtera” dalam rangka merayakan Hari Anak Nasional 2018. Kegiatan ini bertujuan untuk mengingatkan seluruh orang tua di bangsa Indonesia agar senantiasa melindungi dan memenuhi hak-hak anak, Gedung Serbaguna Monumen Jogja Kembali, Sleman, DIY, Rabu 8 Agustus 2018.

Lilis Sulistyowati, SSos, MSi, Kepala Seksi Perlindungan Anak Dinas Sosial Daerah Istimewa Yogyakarta selaku Ketua Panitia ODFC 2018 mengatakan bahwa kegiatan ODFC 2018 sebagai ajang kreatifitas bagi anak, sekaligus menjadi rangkaian peringatan Hari Anak yang jatuh pada tanggal 23 Juli. ?Sebenarnya dalam rangkaian Hari Anak tanggal 23 Juli, Dinas Sosial punya kegiatan One Day For Children. Kita mendatangkan 400 anak dari DIY (semua kabupaten-red) yang menjadi anak binaan dari Dinas Sosial,? katanya.

Untuk tujuan acara ODFC 2018, Lilis mengibaratkan bahwa anak-anak akan diberi kesempatan untuk menjadi Raja dan Ratu Sehari. ?Kita ibaratkan jadi Raja dan Ratu sehari. Anak bisa berkreatifitas di sini. Kita memberi tempat dan kesempatan kepada anak-anak,? jelasnya.

?Acaranya ada pentas seni, musik, dan ada launching penerima PKSA (Program Kesejahteraan Sosial Anak), dalam bentuk tabungan sosial anak (TASA). PKSA berupa bantuan sosial dalam bentuk uang yang pemanfaatannya untuk pemenuhan kebutuhan dasar anak,? imbuhnya.

Untuk pemilihan Gedung Serbaguna Monumen Jogja Kembali, Lilis menyebut tentang peningkatan rasa nasionalisme pada anak. ?Ini nanti juga ada acara nonton bareng, tema film perjuangan. Jadi, kita memberikan kesempatan anak yang hadir di sini untuk melihat secara visualisasi bentuk perjuangan para pahlawan dulu, kaitannya dengan peningkatan rasa nasionalisme pada anak,? pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Perlindungan dan Rehabilitasi Sosial Dinas Sosial (Dinsos) DIY, Pramujaya Hadi Prianto berharap dengan adanya kegiatan ODFC ini, anak-anak bisa lebih mendapatkan perhatian dan pengasuhan yang benar dan terbaik, utamanya di dalam keluarga. “Terpenuhinya hak-hak anak untuk hidup, tumbuh kembang, partisipasi, dan perlindungan, serta meningkatnya peran serta masyarakat dan dunia usaha dalam rangka pemenuhan hak-hak anak di samping usaha-usaha yang dilakukan pemerintah,”katanya. (Jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.