Berita Nasional Terpercaya

UII Yogyakarta Kirim Dua Truk Logistik ke Lombok, NTB

0

Bernas.id ? Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta mengirimkan dua truk bantuan logistik yang dilepas Wakil Rektor III, Rohidin, ke Lombok, Nusa Tenggara Barat terkait bencana gempa bumi yang terjadi pada hari Minggu (5/8/2018) pukul 18.46 WIB. Bantuan logistik yang dikirim seperti selimut, handuk, kasur lipat, mie instan, susu, beras, biskuit, air mineral gelas dan botol, dan lainnnya, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jumat 10 Agustus 2018.

Nur Aisyah, Wakil Dekan Fakultas Kedokteran UII mengatakan bahwa logistik yang dikirim utamanya logistik saja, sedangkan untuk obat-obatan bersama-sama dengan tim medis. ?Kalau ini khusus logistik saja. Waktu hari Selasa (7/8) itu, kita tidak bisa mengangkut banyak (logistik-red). Kebetulan ada tawaran dari ACT (Aksi Cepat Tanggap-red) untuk pemberangkatan via jalur darat nanti ke Surabaya-Banyuwangi,? jelasnya.

Baca Penyisiran dan Evakuasi Korban di Lombok Utara, NTB, Terus Diupayakan Tim BAZNAS DIY

?Jadi logistik ini sesuai dengan informasi dari Lombok, dari teman-teman yang kemarin dikirim, dan ACT yang sudah punya beberapa posko. Ada selimut, tikar, sanitary kit, makanan-makanan siap saji, biskuit, makanan bayi, air mineral,? imbuhnya

Nur Aisyah menyebut bantuan logistik ini berasal dari banyak penyumbang. ?Ada ikatan alumni, sejumlah faskultas, dan donasi yang sudah dikumpulkan beberapa hari ini. Memang belum bisa semuanya (dikirim-red) karena menyiapkan logistik selama dua hari tidak cukup. Sisanya, nanti akan cash saja,? terangnya.

Untuk pengumpulan bantaun, Nur Aisyah menyebut akan masih tetap dilakukan karena di sana masih diperlukan banyak bantuan. ?Beberapa pihak juga sudah menghubungi kami untuk mengirimkan bantuan hari ini. Jadi, mungkin nanti ikut kloter berikutnya. Yang sudah komitmen, ngasih masuk ke rekening itu masih dalam bentuk cash dan masih belum dibelanjakan,? katanya.

Untuk distribusi bantuan, Nur Aisyah mengatakan ada sejumlah ikatan alumni UII di sana yang membantu. ?Kita punya ikatan alumni di sana yang bisa ikut membantu dalam hal distribusi. Besok Senin kalau tidak Ahad, juga kirim tim medis yang tahap kedua dengan tenaga yang lebih komplit, ada beberapa dokter spesialis, perawat, anastesi, obskin,? tuturnya.

Baca Gempa Lombok dan Bali Tingkatkan Jumlah Turis Asing di Jogja

Disampaikan Nur bahwa di Lombok juga ada posko yang bekerjasama dengan pihak terkait di sana. ?Tim yang kemarin itu di RSUD KLU (Kabupaten Lombok Utara), tetapi ada juga yang menjangkau daerah-daerah yang belum bisa terjangkau. Jadi, tim medisnya mobile, sekaligus assesmnent di sana kebutuhannya apa dan menyalurkan logistik yang dibawa di Dusun Lengkungkun, Lombok Utara,? paparnya.

?Tim pertama menjadi tim-tim kecil-kecil. Yang kemarin kita enam, besok kurang lebih aka nada sepuluh karena kita mau kirim driver. Yang kerja di rumah sakit biar di rumah sakit, yang di lapangan itu mobile. Koordinasi dari sana, tim kami akan diperlukan ke mana, kami siap karena teman-teman tim medis sudah dilengkapi dengan obat-obatan, sepaket,? imbuhnya.

Untuk pengiriman bantuan tim medis, sebut Nur Aisyah, masih belum dipastikan sampai kapan karena akan ada dari beberapa displin yang rencananya akan dikirim. ?Tim medis dan logistik kan di awal-awal, terus dari psikologi akan membantu di tahap berikutnya, seperti  trauma healing. Kalau nggak minggu kedua atau ketiga juga sudah rencana menerjunkan tim ke sana. Untuk recovery tahap selanjutnya, tim dari bagian dari yang lain,? pungkasnya. (Jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.