Berita Nasional Terpercaya

20 Ton Lebih Bantuan Logistik Akan Dikirim ke Lombok dari Jogja

0

Bernas.id ? Sekitar 20 ton bantuan logistik akan dikirimkan untuk para korban bencana gempa bumi di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Mulai hari ini, bantuan logistik akan diangkut secara bertahap dengan pesawat angkut jenis Hercules dari TNI Angkatan Udara, Landasan Udara Adi Sutjipto, Daerah Istimewa Yogyakarta, Sabtu 11 Agustus 2018.    

Komandan Lanud (Danlanud) Adisutjipto, Marsma TNI Ir Tedi Rizalihadi, S, MM mengatakan bantuan ini berasal dari banyak pihak. ?Kami dari lanud Adisutjipto pada hari ini mengirimkan bantuan ke daerah Lombok. Itu bantuan dari TNI dan Polri se-DIY, Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta, organisasi-organisasi kemasyarakatan yang cukup antusias di Yogyakarta, termasuk para mahasiswa dan pelajar yang sampai detik ini masih datang ke posko bantuan untuk Lombok,? jelasnya.

?Alhamdulilah, ini sudah terkumpul 20 ton lebih, kemudian terdiri dari makanan, obat-obatan, selimut, dan lainnya yang dibutuhkan oleh masyarakat Lombok. Karena kemampuan pesawat Hecules kita itu maksimum 12 ton, jadi untuk sorti pertama kita berangkatkan sekitar 12 ton total 1601 koli, ? imbuhnya.

Untuk dapat mengirim semua bantuan logistik ke Lombok, Marsma TNI Ir Tedi Rizalihadi menyebut pihaknya akan meminta lagi pesawat angkut ke Mabes TNI AU. ?Nah ini kita akan meminta lagi kepada Mabes AU untuk mengirim kembali menggunakan pesawat Hercules ataupun pesawat CN-nya untuk melanjutkan bantuan kepada masyarakat Lombok,? ujarnya.

?Kita bersyukur antusiasme dari masyarakat Indonesia sangat-sangat membanggakan. Jadi, kemarin, mulai dari kejadian, hari Senin, sampai hari Jumat, itu bantuan masyarakat untuk dikirim ke Lombok menumpuk di Jakarta ada banyak sekali bantuan yang harus diangkut ke Lombok,? tambahnya.

Untuk masa waktu pengiriman bantuan, Danlanud Adi Sutjipto menyebut sampai Lombok Recovery. ?Kami dapat informasi dari Komandan Lanud Rembiga, Kolonel Budi Handoyo bahwa sampai dengan detik ini, masih sering terjadi gempa-gempa susulan walaupun skala richter 4 sampai 5. Masyarakat di sana masih trauma. Jadi, ada sekitar 3000 orang yang ditampung di Lanud Rembiga. Nah ini kami terus berkoordinasi dengan Rembiga untuk bantuan-bantuan kita naikan ke Hercules untuk mendukung makanan dan minuman untuk masyarakat yang ditampung di lanud,? katanya.

?Bantuan ini akan terus dikirim sampai betul-betul Lombok bisa recovery. Yang diutamakan obata-obatan, selimut, dan kebutuhan pakaian ganti,? pungkasnya. (Jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.