Berita Nasional Terpercaya

Usia Harapan Hidup Penduduk Sleman Capai 76 Tahun

0

Bernas.id – Usia harapan hidup rata-rata di Sleman cukup tinggi, yaitu di atas 76  tahun. Hal tersebut disampaikan Bupati Sleman, Sri Purnomo dalam pembukaan Seminar Hari Lanjut Usia Nasional di Pendopo Rumah Dinas Bupati Sleman, Minggu 12 Agustus 2018.

Kegiatan-kegiatan yang berorientasi pada pemberdayaan dan peningkatan kualitas hidup lansia harus terus digiatkan oleh pemerintah. Sri Purnomo menjelaskan bahwa  saat ini jumlah usia lanjut di Sleman (usia lebih dari 60 tahun) mencapai 106.107  orang.  ?Dari jumlah tersebut, 76.34% lansia telah mendapat layanan, dan 67,98% rutin mendapat kunjungan lansia,? kata Sri Purnomo.

Menurut Sri Purnomo selama ini Pemerintah Kabupaten Sleman telah memberikan perhatian pada para lansia dian­taranya diwujudkan dengan pemberlakuan KTP seumur hi­dup, penanganan kesehatan lansia melalui pembinaan kelom­pok atau Posyandu usia lanjut, pelatihan kader usia lanjut di bidang kesehatan, serta pembinaan senam bugar usia lanjut.

Selain itu, sebut Sri, Puskesmas di wilayah Kabupaten Sleman merupakan Puskesmas Santun Lansia yang telah memiliki layanan kesehatan untuk lansia. ?Puskesmas juga memiliki program prolanis yang bertujuan untuk mendorong para peserta penyandang sakit kronis mencapai kualitas hidup optimal,? tambahnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman, Joko Hastaryo mengatakan bahwa mengatakan bahwa angka usia harapan hidup dimulai dari terjaminnya kesehatan bayi yang lahir baik di keluarga maupun lingkungan serta asupan gizi yang diperoleh.

Terkait seminar Hari Lanjut Usia yang dilaksanakan atas kerjasama Dinkes Kabupaten Sleman dengan Tim Penggerak PKK Kabupaten Sleman menurutnya sebagai ajang untukmenjalin tali silaturahmi danmemberikan informasi tentang upaya untuk meningkatkan kualitashidup para lansia.

?Tema Seminar tersebut yaitu ?Hidup Bermanfaat di Usia Senja, Lanjut Usia Sejahtera? yang menghadirkan narasumber Dr, dr. Probosuseno, SE, SpPD, KGer, FINASIM,? jelasnya.

Kegiatan seminar tersebut diawali dengan senam lansia yang diikuti oleh tamu undangan bersama Wakil Bupati Sleman beserta Ketua TP PKK Kabupaten Sleman. (Jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.