Berita Nasional Terpercaya

Desa Caturtunggal Serahkan Rumah Relokasi untuk Warga

0

Bernas.id –Lurah Desa Caturtunggal, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman Agus Santoso S.PSi menyerahkan 8 unit rumah relokasi kepada warga terdampak penataan pemukiman kawasan Sungai Gajahwong di Pringgodani, Padukuhan Mrican, Desa Caturtunggal, Kec Depok, Senin (13/8/2018). Rumah relokasi dan renovasi dengan total anggaran pembangunan sebesar Rp 1,865 miliar lebih itu merupakan bagian dari total 40 unit rumah relokasi dan renovasi di wilayah tersebut.

Kepala Padukuhan Mrican Sumarji mengatakan, rumah yang diserahkan it merupakan bagian dari program relokasi warga yang terdampak banjir Sungai Gajahwong dan pembangunan jalan sempadan di tepi Sungai Gajahwong. Dengan direlokasi, maka warga diharapkan lebih aman dan tenang ketika musim hujan tiba.

Setelah dilakukan relokasi, menurut Sumarji, akan dilakukan normalisasi Sungai Gajahwong dengan membuat jalan sempadan sepanjang tepi Sungai Gajahwong di wilayah Pringgodani dan sekitarnya. “Selama ini, setiap musim hujan warga terdampak harus mengungsi atau mencari tempat yang aman karena rumahnya terkena banjir. Karena itu, dengan direlokasi maka mereka tak perlu khawatir atau takut lagi terkena banjir karena sudah tinggal di rumah yang aman dan nyaman,” kata Sumarji.

Lurah Desa Caturtunggal Agus Santoso S.PSi mengatakan, pembangunan rumah relokasi dan renovasi merupakan salah satu bentuk kepedulian dan perhatian Pemerintah Desa Caturtunggal terhadap warga yang terkena bencana alam setiap musim hujan. Pembangunan rumah tersebut juga merupakan bentuk kepercayaan Desa Caturtunggal terhadap Padukuhan Mrican maupun warga atas kemampuan mereka dalam membangun dan menata pemukiman demi keamaman dan kenyamanan warga.

Pada kesempatan itu, Lurah Caturtunggal meminta warga penerima bantuan agar tidak memperjualbelikan rumah tersebut. “Kami serahkan rumah ini kepada warga dan mohon dijaga, dirawat dan dimanfaatkan sebaik-baiknya. Dan tidak boleh diperjualbelikan. Bila terbukti diperjualbelikan maka kami akan mengambil tindakan tegas dengan merobohkan rumah tersebut dan kembali seperti semula,” tegas Agus Santoso yang disambut tepuk tangan hadirin.

Ia juga meminta agar lahan yang masih kosong di depan rumah tersebut dipakai untuk fasilitas umum dan dibuatkan kios/warung kopi. “Kalau sudah dibuatkan warung kopi maka saya akan sering nongkrong di sini untuk ikut meramaikannya. Karena saya bekerja 24 jam demi warga,” kata Agus Santoso.

Ketua Panitia Pembangunan Eko Widiyono mengatakan, rumah yang diserahkan itu sebanyak 8 unit rumah relokasi dan 9 unit rumah renovasi sehingga total ada 17 unit rumah. Jumlah ini merupakan bagian dari total 40 unit rumah relokasi dan renovasi dalam program penataan pemukiman dan kawawasan Sungai Gajahwong di Pringgodani.

Dari papan informasi pembangunan tercatat nama program adalah Pembangunan dan Penataan Pemukiman Kawasan Sungai Gajahwong berupa pembangunan relokasi dan renovasi Pringgodani, Mrican tahun anggaran 2017/2018, masing-masing 8 unit rumah relokasi dengan anggaran sebesar Rp 1.079.765.036 dan rumah renovasi dengan anggaran sebesar Rp 785.355.539 sehingga total anggaran Rp 1.865.120.575. Pembangunan rumah dilakukan oleh Panitia Bersama TPK Gajahwong Desa Caturtunggal selama 182 hari atau selama 6 bulan.

Salah seorang warga penerima rumah relokasi, Manto Wiyono, mengaku terima kasih atas rumah relokasi yang diberikan pemerintah Desa Caturtunggal. Karena dengan menempati rumah relokasi itu, ia tidak lagi khawatir atau takut terkena banjir ketika musim hujan tiba. Ia mengaku, setiap musim hujan tiba ia selalu mengungsi ke tempat lebih aman karena rumahnya terkena banjir.

Rumah-rumah relokasi yang dibangun tersebut menempati tanah kas desa. Warga hanya membayar sewa tanah setiap tahun sebesar Rp 5.000 per meter persegi. Rumah tersebut berlantai dua atau bertingkat. Lantai pertama tiap KK terdiri dari 1 kamar tidur, ruang keluarga, dapur dan kamar mandi, sementara di lantai dua terdiri dari 2 kamar tidur, ruang keluarga dan balkon. (lip)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.