Berita Nasional Terpercaya

Pembukaan PKKMB UNY Diikuti 6904 Mahasiswa Baru

0

Bernas.id – Direktur LPP TVRI, Helmy Yahya mengatakan era disrupsi sudah melanda dunia pendidikan. Online education sudah mulai dilakukan beberapa perguruan tinggi di Indonesia. Dunia telah berubah, TVRI yang dulunya nomor satu terpuruk ke nomor 14 karena terdisrupsi. Orang terkaya di dunia bukan pebisnis minyak atau otomotif melainkan bergeser pada teknologi informasi, Acara Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) di Gedung Olahraga (GOR) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Selasa 14 Agustus 2018.

Lebih lanjut, Helmi mengungkapkan bahwa pada era sekarang adalah era sharing ekonomi yang memaksimalkan media online. ?Mindset mahasiswa harus diubah karena kedepan berbisnis adalah serba digitalisasi melalui internet,? kata Helmy Yahya.

Lulusan University of Miami ini mengungkapkan tentang banyak perusahaan gulung tikar karena banyak yang beralih via online termasuk cara bepergian dengan ojek. ?Yang bisa bertahan bukanlah yang terkuat atau paling pintar melainkan yang tercepat dalam melakukan perubahan. Era disrupsi merupakan penjabaran dari inovasi, mengubah value dengan kecepatan, lebih murah dan lebih bervariasi, mengubah perilaku model bisnis serta menyingkirkan pemain lama,? bebernya.

Acara PKKMB ini dibuka oleh Rektor UNY Sutrisna Wibawa yang dalam sambutannya mengatakan bahwa UNY mengalami lompatan luar biasa dari sisi animo. ?Yang diterima adalah calon mahasiswa yang berkualitas dan punya prestasi,? kata Rektor.

Harapan Rektor Sutrisna, para mahasiswa dapat lulus tepat waktu dengan berpesan agar mahasiswa baru dapat memanfaatkan waktu dengan baik dan mengikuti ekstra kurikuler yang sesuai dengan misi akademik ke depan.

Pembukaan Ospek UNY ditandai dengan pemakaian jas almamater oleh Rektor pada 4 orang wakil mahasiswa, yaitu Rahmawati Dewi dari prodi D3 Akuntansi Fakultas Ekonomi, Ikhsan Marvel Khairullah dari prodi S1 Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan, Sri Astika Ishak dari prodi S2 Pendidikan Teknologi Kejuruan serta Hendra Baharudin dari prodi S3 Penelitian & Evaluasi Pendidikan. PKKMB ini diikuti seluruh mahasiswa baru yang hadir.

Menurut Wakil Rektor I UNY Margana, PKKMB kali ini diikuti oleh total 6.904 mahasiswa yang terdiri dari 596 mahasiswa D3, 5.082 mahasiswa S1, 985 mahasiswa S2, 109 orang mahasiswa S3 dan 132 orang mahasiswa PPG. ?Kuota mahasiswa bidikmisi tahun 2018 berjumlah 780 orang dan sedang kami usahakan kuota tambahan sebanyak 473 orang,? kata Margana.

Mahasiswa baru dengan usia termuda adalah Vidi Mila Sukmawati prodi Pendidikan Sosiologi yang diterima sebagai mahasiswa baru S1 pada usia 16 tahun 2 bulan 14 hari. (Jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.