Berita Nasional Terpercaya

GKR Hemas Terima Tanda Kehormatan Bintang Mahaputra Utama

0

Bernas.id – Presiden Joko Widodo menganugerahkan tanda kehormatan kepada sejumlah tokoh yang dianggap berjasa bagi Indonesia di bidangnya masing-masing, Istana Negara, Jakarta, Rabu 15 Agustus 2018.

Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Hemas menjadi salah satu tokoh yang menerima tanda kehormatan, yaitu Bintang Mahaputra Utama karena perannya memberi sumbangsih kepada Indonesia ketika menjadi anggota DPD RI periode 2009-2014 dan 2014-2017.

GKR Hemas mengatakan bahwa tanda kehormatan ini merupakan bentuk dari pengakuan dan apresiasi negara kepada perjuangan perempuan dalam memperjuangkan hak-hak khusus di bidang politik.

“Kehidupan masyarakat disebut demokratis jika dalam penerapan menghargai HAM secara adil dan setara, memajukan HAM menghargai perbedaan, termasuk mengakui peran perempuan yang terpinggirkan akibat dari peran-peran yang diterjemahkan secara sosial dan budaya, hubungan antara laki-laki dan perempuan dalam ranah produktif, reproduktif, dan politik,” jelasnya.

Ada lima kategori tanda kehormatan yang diberikan Jokowi, yakni:

(1) Bintang Mahaputra Utama kepada GKR Hemas

(2) Bintang Mahaputra Nararya kepada Dato Sri Tahir, Founder dan CEO Mayapada – Abbas Said, Wakil Ketua Komisi Yudisial 2013-2015 – Abdul Haris Semendawai, Ketua Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban 2008-2018

(3) Bintang Jasa Pratama kepada Sumarsono, Dirjen Otonomi Daerah Kemendagri

(4) Bintang Jasa Nararya kepada Khairul Alam, Karoum, Kemenkopolhukam

(5) Bintang Budaya Parama Dharma kepada (Alm) RJ Katamsi, seniman dan RM Soedarsono, seniman

Sejumlah menteri dan pejabat juga hadir seperti Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Tito Karnavian, Menko Polhukam Wiranto, Menteri KKP Susi Pudjiastuti dan Menhan Ryamizard Ryacudu. (Jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.