Berita Nasional Terpercaya

Pameran Pembangunan 2018 Tunjukkan Kinerja Pemerintah Daerah DIY

0

Bernas.id – Pameran Pembangunan 2018 Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) resmi dibuka, diawali dengan pemotongan pita bunga oleh Asisten Keistimewaan Sekretaris Daerah DIY, Dr Ir Didik Purwadi, MEc. Pameran Pembangunan 2018 digelar dalam rangka peringatan  Hari Ulang Tahun ke-73 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia, sekaligus menyebarluaskan informasi kepada masyarakat tentang kinerja pembangunan pemerintah daerah DIY, Eksibisi Hall, Gedung Kotak, Taman Pintar Yogyakarta, Kamis 16 Agustus 2018.

Dalam laporannya, Sekretaris Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta, Rose Sutikno, SH, MM selaku Panitia Pameran Pembangunan 2018 mengatakan bahwa maksud kegiatan Pameran Pembangunan 2018 untuk menyebarluaskan informasi kepada masyarakat tentang kinerja pembangunan pemerintah daerah DIY, sekaligus sebagai sarana promosi potensi daerah dengan melibatkan berbagai institusi pemerintah dan swasta.

?Tujuan Pameran Pembangunan 2018 antara lain, pertama dalam rangka menyambut dan memeriahkan peringatan HUT RI ke-73, memberikan informasi kegiatan pembangunan dan promosi potensi daerah, memberikan informasi kegiatan dan hasil riset inovasi teknologi,? katanya.

Sementara itu, dalam sambutannya yang dibacakan Dr Ir Didik Purwadi, Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X mengatakan bahwa potensi daerah termasuk di dalam ekonomi kreatif, produk-produk budaya, heritage dan pariwisata akan sangat memberikan kesempatan dalam membuka investasi di berbgai sektor. ?Apabila seluruh potensi daerah tersebut mampu digarap dan dikelola dengan baik tentunya akan mampu mempercepat kemakmuran bagi seluruh masyarakat, termasuk memperpendek kesenjangan,? tuturnya.

?Apa yang ditampilkan di dalam pameran tersebut harus bisa menggambarkan bahwa pembangunan di DIY ini menunjukkan perkembangan yang berarti sehingga pada gilirannya nanti kita bersama akan menikmati hasil-hasilnya, bahkan harus bisa dipakai sebagai sarana promosi  potensi kepada masyarakat sekaligus sebagai bentuk pertanggungjawaban DIY dalam melaksanakan tugas-tugas, ajang evaluasi pelaksanaan tugas-tugas pemerintah dan pembangunan, baik yang sudah, sedang, dan akan dilaksanakan,? imbuh Sri Sultan.

Untuk itu, Pameran Pembangunan 2018 ini, sebut Sri Sultan, memiliki makna strategis dan relevan dalam upaya kita menggugah dan meningkatkan peran serta masyarakat dalam meningkatkan ekonomi dan menciptakan lapangan pekerjaan yang lebih banyak, meningkatkan penerimaan daerah, dan akhirnya meningkatkan kesejahteraan rakyat.

Diinformasikan bentuk kegiatan lain dari Pameran Pembangunan 2018, yaitu donor darah, pelayanan dan konsultasi dari BNN, Kumham, Samsat, dan sosialisasi dari Bank Indonesia. Peserta dari Pameran Pembangunan 2018 berasal dari instansi pemerintah di lingkungan pemerintah daerah DIY, instansi pemerintah pusat yang ada di DIY, badan atau lembaga, litbang pemerintah, dan swasta yang berjumlah 34 instansi dan UMKM di DIY dengan menempati 41 stand. Pameran Pembangunan 2018 akan berlangsung mulai dari tanggal 16 sampai 20 Agustus 2018. (Jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.