Berita Nasional Terpercaya

Pengibaran Bendera Merah Putih di Wisata Bukit Klangon Cangkringan Sleman

0

Bernas.id – Bendera Merah Putih berukuran 9 x 6 meter berkibar di tiang setinggi 17 meter, Kamis (16/8/18) di Wisata Bukit Klangon, Desa Glagaharjo, Cangkringan, Sleman.

Komandan Kodim 0732/Sleman, Letkol Inf Diantoro mengatakan bahwa kegiatanupacara pengibaran bendera tersebut bertujuan menyambut Kemerdekaan Republik Indonesiake 73 yang jatuh pada tanggal 17 Agustus serta mengenang jasa para pahlawan.

Pengibaran bendera ini diikuti oleh 1945 orang sesuai tahun kemerdekaan Republik Indonesia. Dimana dari total jumlah tersebut terdiri dari  warga, komunitas relawan, mahasiswa, anak sekolah, hingga pejabat daerah dan anggota TNI.

Alasan dipilihnya Bukit Klangon pada event kali ini menurut Diantoro ialah karena pernah terjadi pertempuran hebat di wilayah Cangkringan. Sejarah mencatat bahwa pada bulan Maret 1949 terjadi penyerbuan oleh tentara Belanda disekitaran Argomulyo, Cangkringan. Pasukan Belanda membumihanguskan rumah-rumah penduduk di di dusun-dusun sekitar Argomulyo. Dari penyerangan tersebut pasukan Laskar Rakyat dan Kadet Akademi Militer melakukan serangan balasan yang memukul mundur pasukan Belanda ke wilayah Kaliurang.

Lebih lanjut Diantoro menuturkan bahwa di zaman sekarang, ancaman bukanlah dari tembakan musuh dari tentara Belanda, namun tantangannya adalah usaha untuk mewujudkan kesejahteraan rakyat dan menanggulangi bahaya narkoba.

?Dengan semangat persatuan dan kesatuan, dilandasi nilai-nilai kejuangan, semangat pantang menyerah, rela berkorbandan keteladanan pantang menyerah, rela berkorban, dan keteladanan dari para pemimpin, Insya Allah permasalahan – permasalahan tersebut dapat teratasi,? pungkasnya.

Upacara pengibaran bendera ditutup dengan pertunjukkan Marching Band  dari SMK 1 Cangkringan. (*/Jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.