Berita Nasional Terpercaya

Sekjen Kemenristekdikti Memberi Kuliah Mahasiswa Baru INSTIPER Yogyakarta

0

Bernas.id – Menjadi hal yang tidak biasa, karena pembukaan kuliah mahasiswa baru INSTIPER tidak dilakukan di lingkungan kampus melainkan di kebun pendidikan SEAT INSTIPER, yang berlokasi di Bawen Jawa Tengah.

Di kota Semarang, Senin (20/8/2018), berlokasi di Stiper Edu Agro Tourism (SEAT) yang merupakan kebun pendidikan milik INSTIPER, Sekjen Kemenristekdikti, Prof Ainun Naim, MBA, PhD memberikan kuliah umum 909 orang mahasiswa baru INSTIPER TA 2018/2019 di kebun kelapa sawit. Dari 909 orang tersebut sebanyak 152 orang mahasiswa (16,7%) merupakan penerima beasiswa baik beasiswa ikatan dinas dari perusahaan sebanyak 145 orang dan 7 orang beasiswa Bidikmisi.

Baca juga: Apa Itu Jurusan Sistem Informasi? Inilah Mata Kuliah dan Prospek Kerjanya

Perusahaan yang memberikan beasiswa ikatan dinas di antaranya PT SMART, PT Ciliandry Anky Abadi, PT Asian Agri, PT Golden Land Gemilang untuk minat Sarjana Perkebunan Kelapa Sawit (SPKS) Fakultas Pertanian dan beasiswa dari PT RAPP dan PT Toba Pulp Lestari untuk minat Sarjana Hutan Tanaman Industri (SHTI) Fakultas Kehutanan.

Purwadi, Rektor INSTIPER menjelaskan mahasiswa baru tersebut berasal dari 29 provinsi di Indonesia, dengan jumlah terbanyak berasal dari Provinsi Sumatera Utara disusul Provinsi Riau dan Kalimantan Tengah. Jika melihat daerah asal mahasiswanya sudah sepantasnya INSTIPER bisa dibilang “tidak jago kandang” karena dapat menembus pasar mahasiswa baru yang justru tidak berasal dari DIY-Jateng dan sekitarnya.

INSTIPER yang mengkhususkan kompetensinya pada bidang perkebunan dan kehutanan dan berusaha mencetak sarjana siap kerja mendapat apresiasi dari Ainun Naim, Sekjen Kemenristekdikti yang menyampaikan bahwa SDM yang seperti inilah yang dibutuhkan dunia industri saat ini, dimana kurikulum pendidikan yang ditempuh selama pendidikan tinggi telah disesuaikan dengan kebutuhan industri kerja sperti yang telah dilakukan INSTIPER sejak tahun 2005.

Baca juga: 5 Universitas Jurusan Sistem Informasi Terbaik di Indonesia

“Hal ini jelas akan menguntungkan pihak pemakai alumni INSTIPER yang tidak memerlukan waktu lama untuk melakukan training job-description pekerjaan. Dengan mengadopsi sistem vokasi yang menekankan papa praktek kerja mahasiswa menjadi lebih terampil. Kurikulum yang dibuat INSTIPER yang memadukan kuliah tatap muka, praktikum, praktek lapangan, dan magang di perusahaan tidak lepas mendapat pujian,” katanya.

SEAT INSTIPER yang menjadi lokasi kuliah umum merupakan salah satu instalasi kerja praktek yang akan mengasah skill mahasiswa, lebih lagi pada kesempatan tersebut Ainun juga meresmikan gedung pilot 
plant di lokasi SEAT.

Rektor Purwadi menambahkan dengan demikian jika mahasiswa ataua masyarakat ingin belajar tentang perkebunan dan kehutanan datanglah ke SEAT, karena dari hulu hingga hilir ada di sini.

Pada kesempatan yang berbahagia tersebut, juga dilakukan penyerahan mahasiswa baru penerima beasiswa ikatan dinas dari Perusahaan. Perwakilan dari Perusahaan seperti PT SMART, PT Asian Agri, PT RAPP, PT Golden Land Gemilang, PT Ciliandry Anky Abadi. Juga akan dilakukan penandatanganan MoU kerjasama untuk PT CAA dan PT Golden Land Gemilang.

Baca juga: 14 Universitas Jurusan Teknik Informatika Terbaik di Indonesia

Menurut Ainun, kerjasama dengan bidang industri juga menjadi hal penting dalam menjalankan pendidikan tinggi karena bidang industrilah yang akan menyerap SDM ini. Kehadiran tenaga pengajar praktisi juga menjadi perhatian Ainun, karena dengan kepakaran dan pengalamannya di dunia industri akan membuka wawasan mahasiswa.

Orientasi kampus dalam rangka menyambut mahasiswa baru TA 2018/2019, INSTIPER Yogyakarta menyelenggarakan OKKABUN atau orientasi kampus dan kenal kebun yang diselenggaran sejak 10-20 Agustus 2018. Siman Suadji, Ketua Panitia OKKABUN INSTIPER 2018 menjelaskan rangkaian OKKABUN ini dilaksanakan di Kampus II INSTIPER dan di SEAT INSTIPER yang berlokasi di Bawen. “Tujuan dari OKKABUN ini adalah adanya pemahaman mahasiswa pada kondisi transformasi dari masa SMA ke perguruan tinggi di mana mereka dituntut bisa belajar secara mandiri, kreatif, bertanggung jawab, dan dapat bekerja dalam tim,” katanya.

Kegiatan OKKABUN dimulai pada Jumat, 10 Agustus 2018 berupa pemeriksaan kesehatan dan penjelasan OKKABUN, dilanjutkan dengan pelatihan kedisplinan dari Paskhas TNI AU pada Minggu-Senin 12-13 Agustus 2018. Pada pelatihan kedisiplinan ini tidak hanya latihan baris berbaris namun lebih menekankan pada kerja tim, kekompakan, dan kedisplinan. Hal ini jelas diperlukan para mahasiswa baik saat melaksnakan pendidikan di perkuliahan maupun saat bekerja kelak.

Baca juga: 13 Universitas Jurusan Akuntansi Terbaik Indonesia dan Luar Negeri

Pada rangkaian OKKABUN ini juga dilakukan gelar UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) dan Kelembagaan Mahasiswa. Pengalaman berorganisasi juga menjadi salah satu fokus dalam kegiatan OKKABUN INSTIPER. Dalam rangkaian acara tersebut Rektor INSTIPER Yogyakarta juga meresmikan wall climbing
Mapala Kapakata yang baru.

Sedangkan, Orientasi Kenal Kebun untuk memperkenalkan mahasiswa baru pada dunia kebun, maka dilakukan orientasi kenal kebun di Stiper Edu Agro Tourism (SEAT) yang berlokasi di Bawen Jawa Tengah. Pada tahap ini seluruh mahasiswa baru akan melakukan camping di areal kebun pada tanggal 17-21 Agustus 2018. Selain camping mahasiswa baru akan dikenalkan berbagai komoditas perkebunan dan kehutanan yang nantinya akan menjadi lingkungan bekerjanya setelah lulus dari INSTIPER kelak. Kerjasama tim, tanggung jawab, kemandirian, kemampuan menyelesaikan masalah secara kreatif dan inovatif menjadi penekanan dalam pembentukan karakter pada acara ini. (jat)

Baca juga: Daftar Universitas Kuliah Jurusan Bisnis Manajemen di Indonesia

Leave A Reply

Your email address will not be published.