Berita Nasional Terpercaya

Semaraknya Festival Bregada Nusantara 2018

0

Bernas.id – Keluarga Besar Padmanaba menyelenggarakan Festival Bregada Nusantara (FBN) pada Minggu (23/9/2018) pagi di sepanjang Jl.Malioboro hingga Alun-Alun Utara Kraton Yogyakarta. Festival yang diikuti ratusan orang yang tergabung dalam 29 kelompok bregada ini bertujuan untuk mendorong masyarakat khususnya pelajar agar mencintai dan melestarikan budaya bangsa yang saat ini mulai luntur. 

Ketua Umum FBN Padmanaba Ema Widiastuti mengatakan, pada gelaran festival tahun kedua ini pihaknya menampilkan atraksi eksebisi gabungan antara teknologi modern dengan kesenian tradisional. Puluhan bergada yang beraksi diawali dengan bregada drone, bregada yang membawa drone menyusuri Malioboro.

“Kami juga melakukan live streaming pada awal hingga akhir acara festival agar teman-teman dari daerah lain dapat menyaksikan Festival Bregada secara keseluruhan,” ujarnya.

Selain mengajak para siswa, Padmanaba juga menggandeng warga Yogyakarta untuk berpartisipasi memeriahkan festival yang memiliki tema “Nyawiji Nguri-Nguri Makmuring Negeri” ini. Warga dilibatkan menampilkan paduan seni dan gerak Prajurit Kraton Yogyakarta dengan kostum unik.

Ketua Ketua Umum Keluarga Besar Alumni (KBA) Padmanaba Hendri Saparini yang melepas kontingen mengaku pihaknya selalu ingin terus menginisiasi, bersinergi, dan berbagi dengan seluruh komponen masyarakat. Semangat bregada nusantara menurutnya harus dimiliki oleh berbagai kelompok masyarakat di Indonesia.

“Harapannya semua SMA nanti punya bregada masing-masing,” ujarnya.

Pada festival ini juga diadakan lomba bregada yang terdiri dari Siswa Madya (siswa se-DIY), Pelajar Nusantara (yang mewakili dari siswa luar daerah DIY) dan Bregada Alumni (alumni dari Padmanaba).  Lomba memperebutkan total hadiah pembinaan sejumlah Rp. 2.500.000,00 yang berasal dari gelaran charity Symphony for School, Padzchestra featuring Kahitna di Jakarta bulan April lalu. (den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.