Berita Nasional Terpercaya

Sultan HB X Bakal Diberi Penghargaan Indonesia Museum Award

0

Bernas.id – Komunitas Jelajah akan memberikan penghargaan kepada Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X dalan perhelatan Indonesia Museum Award (IMA) 2018. Penghargaan itu diberikan atas dedikasi HB X  dalam mencetuskan ide museum sebagai salah satu sarana pendidikan di luar sekolah.

Juri IMA 2018 Wiendi Nuryanti menjelaskan, penentuan tokoh yang berhak mendapatkan penghargaan itu melalui proses panjang setelah menentukan sejumlah nominasi, akhirnya HB X menjadi salah satu penerima award tersebut. Alasannya, HB X sebagai pencetus pertama kali bahwa belajar ada tiga pilar yaitu di sekolah, perpustakaan dan museum. Pemikiran HB X tentang memasukkan museum sebagai tempat belajar itu kini menjadi referensi secara nasional ketika akan menyusun kurikulum. 

“Jadi selalu menggunakan referensi sabda beliau mengenai itu dan dijadikan sebagai bahwa belajar itu bisa di luar sekolah tidak harus di dalam kelas,” ucapnya seusai bertemu HB X di Kantor Gubernur DIY, Senin (24/9).

Dirinya mengatakan atas ide HB X itu pula, kini museum menjadi sumber inspirasi terutama bagi anak dan remaja. Sehingga museum menjadi salah satu tempat pembelajaran yang penting.

“Ini bisa untuk pembentukan karakter,” kata mantan Wamendikbud ini.

Pemda DIY memiliki program WKM atau wajib kunjung museum bagi siswa di sekolah. Program ini menjadikan museum sebagai salah satu pusat pembelajaran. Wiendu mengatakan proses seleksi tokoh itu melalui beberapa nominasi hingga kemudian terpilih HB X.

Pendiri Komunitas Jelajah Musiana Yudhawasthi menerangkan bahwa selama tujuh tahun terakhir IMA menjadi ajang prestisius di bidang apresiasi terhadap permuseuman. Kegiatan itu bertujuan memberikan penghargaan terhadap tokoh, pengelola museum dan pekerja di bidang sejarah, kepurbakalaan dan permuseuman ini diharapkan mampu meningkatkan apresiasi masyakarat terhadap sejarah, kepurbakalaan, permuseuman dan para pecinta warisan budaya.

IMA 2018 akan memberikan penghargaan Purwakalagrha untuk enam kategori, yaitu museum cerdas, museum lestari, museum bersahabat, museum inspiratif, museum unik dan museum populer. Selain itu penghargaan Purwakalagrha juga akan diberikan kepada para tokoh dan institusi yang telah memberikan kontribusi nyata bagi perkembangan museum, yang terdiri dari beberapa kategori.

“Antara lain tokoh peduli museum, pejabat peduli museum, pengusaha peduli museum, Perguruan Tinggi peduli museum dan media peduli museum,” tandasnya. (den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.