Berita Nasional Terpercaya

Generasi Milenial Bersemangat untuk Berwirausaha

0

Bernas.id- Melihat tren generasi milenial yang bersemangat untuk berwirausaha, PT Santos Jaya Abadi melalui brand Kopi Kapal Api menggelar Campus Talkbertajuk ?Social Enterprise? di Universitas Pembangunan Nasional Yogyakarta, sebagai kelanjutan dari rangkaian kegiatan program Secangkir Semangat #BuatNyataTujuanmu. Dengan misi mempertemukan para sociopreneur sukses dengan para mahasiswa, kegiatan ini diharapkan dapat menjadi ruang berbagi ilmu dan motivasi agar semakin banyak anak muda yang mewujudkan ide-ide usaha sosial mereka.

Group Brand Manager Kopi Kapal Api, Johnway Suwarsono menjelaskan, ?Campus Talk menjadi sarana yang baik untuk mengetahui lebih dalam dinamika yang harus ditempuh saat ingin menggabungkan antara passion, idealisme, dan kreativitas dalam mewujudkan sebuah usaha yang berdampak sosial. Kopi Kapal Api berharap program ini bisa memberikan inspirasi bagi anak muda untuk benar-benar membuat nyata tujuan atau impian wirausaha sosial mereka. Hal ini sekaligus menegaskan konsistensi Kopi Kapal Api dalam mengembangkan potensi anak muda Indonesia dalam menggeluti sociopreneurship.?

Campus Talk di Yogyakarta menghadirkan sociopreneur sekaligusmentor program Secangkir Semangat #BuatNyataTujuanmu yaitu Helga Agelina (founder Burgreens), Azala Ayuningtyas (founder Du?Anyam), juga Andhika Mahardika dan Asri Saraswati (founder Agradaya).  Dipandu Darius Sinathrya, para mentor dengan semangat membagi kisah sukses dan berbagai tips saat menjalankan usaha sosialnya masing-masing.

?Hal pertama yang sebaiknya dilakukan saat memulai usaha sosial adalah menemukan jalan atau ide usaha yang orisinil dan berdampak pada sekitar. Kalau motivasinya hanya ingin terlihat cool, usaha sosial yang dibangun akan sulit untuk berkelanjutan. Sebagai socioprenuer juga harus pandai membangun support system, seperti memiliki mentor, investor, serta orang yang dipercaya dan mendukung visiusaha,? cerita Helga Angelina.

Tidak jauh berbeda dengan Helga, Azalea Ayuningtyas yang menjalankan bisnis dengan sahabatnya MeliaWinata dan Hanna Keraf, menyampaikan, ?Mendapatkan mitra dan investor yang tepat bisa memberikan kepastian pertumbuhan bisnis yang signifikan bagi sebuah usaha sosial, membuka peluang dan pasar baru, juga membentuk kolaborasi yang dapat diteruskan lebih jauh buat masyarakat yang kita berdayakan. Intinya, seorang sociopreneur harus memiliki passion, patience, dan persistence hingga masyarakat yang diberdayakan merasa termotivasi dan mampu berdiri sendiri.?

Menambahkan Helga dan Azalea,Andhika Mahardika juga mengatakan, ?Ketika memutuskan menjadi seorang sociopreneur, maka kita ditantang untuk mendamaikan hati dan pikiran, karena sociopreneur tidak hanya memikirkan profit, namun juga memikirkan bagaimana caranya memberikan dampak bagi masyarakat. Di Agradaya, kita tidak hanya pada cara bercocok tanam, tapi juga carameningkatkan perekonomian masyarakat.?

Sebelumnya, Secangkir Semangat #BuatNyataTujuanmu telah sukses menyelenggarakan rangkaian kegiatan mulai dari Networking, Apprenticeship dan Workshop Sociopreneur di enam kota yaitu Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya dan Malang. Setelah Malang dan Yogyakarta, Campus Talk akan berakhir di Universitas Pendidikan Indonesia Bandung (27/9).

Program Secangkir Semangat #BuatNyataTujuanmu menggugah semangat kewirausahaan sosial seluruh muda-mudi Indonesia berusia 20-35 tahun dan masih membuka pendaftaran proposal usaha sosial melalui platform www.secangkirsemangat.id hingga 30 September 2018. Keseluruhan program masih akan berjalan hingga Februari 2019 mendatang dan memilih 3 (tiga) proposal terbaik sebagai pemenang. Pemenang pertama akan mendapatkan hibah modal usaha 250 juta rupiah dan kesempatan mentoring bersama Yoris Sebastian, Founder & Creative Thinker OMG, sementara pemenang kedua akan mendapatkan hibah usaha 100 juta rupiah dan pemenang ketiga mendapatkan hibah usaha 50 juta rupiah.(*/jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.