Berita Nasional Terpercaya

Uji Publik Layanan Standar UNY

0

Bernas.id – Kepala Biro Akademik Kemahasiswaan dan Informasi UNY, Setyo Budi Takarina mengatakan sebagai badan layanan publik, UNY diwajibkan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara untuk mengadakan forum konsultasi publik. Hal tersebut merupakan bagian dari tugas yang bertujuan untuk memperoleh pemahaman hingga solusi, antara penyelenggara pelayanan dan masyarakat, antara lain pembahasan rancangan, penerapan, dampak, dan evaluasi kebijakan yang ditetapkan oleh penyelenggara pelayanan sehingga diperoleh kebijakan yang efektif dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan publik.

Baca juga: 11 Jurusan Di Universitas Mahakarya Asia dan Peluang Karirnya

Menurut Setyo, ada 7 standar pelayanan UNY yang dikonsultasikan pada masyarakat, yaitu registrasi mahasiswa baru, mahasiswa transfer atau pindahan, pembuatan surat keterangan masih kuliah, cuti kuliah mahasiswa, surat keterangan pernah kuliah, legalisasi sertifikat pendidik/ijazah transkrip nilai secara on-line serta penerbitan surat keterangan pengganti ijazah.

“Bagi kami kegiatan ini bermanfaat untuk memperoleh masukan publik terhadap kebijakan yang akan ditetapkan sekaligus memperoleh bahan masukan dalam rangka perumusan maupun perbaikan kebijakan,” kata Setyo dalam acara uji publik standar layanan UNY di Rektorat, Kamis (28/9).

Selain itu, kegiatan dapat sebagai fungsi monitoring dan evaluasi penyelenggaraan pelayanan untuk mengetahui efektivitas dari kebijakan yang ditetapkan dalam memberikan layanan kepada publik. Di sisi lain, masyarakat dapat memperoleh pengetahuan terkait berbagai kebijakan yang akan atau sudah ditetapkan penyelenggara layanan dan menyelaraskan antara harapan publik dengan kemampuan penyelenggara layanan.

Baca juga: Jurusan Manajemen: Pengertian Ilmu Manajemen dan Daftar Universitas

“Tidak kalah penting adalah meningkatkan peran serta masyarakat dalam penyelenggaraan pelayanan publik,” ungkapnya.

Kegiatan yang diikuti 93 orang yang terdiri dari mahasiswa UNY, masyarakat, orang tua mahasiswa dan jurnalis tersebut dibuka oleh Wakil Rektor II UNY Edi Purwanta, yang dalam sambutannya mengatakan bahwa UNY merupakan badan layanan publik yang bertugas memberi pelayanan seoptimal mungkin.

“Kami berharap dapat melayani sepenuh hati, serta terus upayakan perbaikan layanan ke depan. Kami menunggu kritik dan saran masyarakat sebagai masukan UNY, ”papar Edi Purwanta.

Menurut penanggungjawab kegiatan, Sukirdjo, sebagai lembaga publik UNY melakukan forum diskusi ini karena banyak layanan masyarakatnya. Kepala Biro Umum Perencanaan dan Keuangan UNY tersebut berharap dengan kegiatan ini ada masukan dari masyarakat untuk perubahan UNY ke depan yang makin baik. (jat)

Baca juga: Inilah 10 Prospek Kerja Lulusan Akuntansi di Berbagai Profesi

Leave A Reply

Your email address will not be published.