Berita Nasional Terpercaya

Mendikbud Buka Jogja International Batik Biennale 2018

0

Bernas.id – Sebagai bentuk tanggung jawab Yogyakarta dalam menyandang gelar ?Kota Batik Dunia?, Jogja International Batik Biennale? (JIBB) kembali diadakan. JIBB 2018 dibuka Rabu (2/10/2018) sore oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy di Pagelaran Kraton Jogja.

“Jogja dinobatkan sebagai kota batik dunia karena sejak Mataram Kuno (batik) itu tempatnya di Jogja ini,” kata Mendikbud.

Ia mengingatkan, batik Indonesia mempunyai motif yang sarat makna, baik dengan bentuk binatang, tanaman, maupun bentuk geometris lain. Ia merasa bangga, karena sampai saat ini batik terus hidup dan berkembang motifnya, mengiringi perkembangan zaman dan teknologi.

“Dengan batik, tidak akan pernah berhenti berinovasi, sesuai perkembangan zaman. itulah kehebatan batik,” sambungnya.

Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X menyampaikan, selain sebagai apresiasi terhadap predikat Jogja Kota Batik Dunia oleh World Craft Council, hendaknya JIBB juga dijadikan momen untuk review komitmen, apakah Jogja masih layak menyandang predikat tersebut. Ia berharap dari Jogja dapat terus tercipta karya batik yang unik, otentik dan orisinal.

“Rancangan batik dituntut mampu menerobos fashion style dunia,” ujar Sultan.

Jogja Internasional Batik Biennale 2018 ini terdiri dari berbagai rangkaian acara, diawali dengan Roadshow di beberapa kota batik di Jawa dan Madura, dan di lanjutkan dengan penyelenggaraan Gebyar Batik di Kabupaten dan Kota di Daerah Istimewa Yogyakarta yang berakhir tanggal 29 September 2018.

Terdapat 6 kegiatan pada puncak acara Jogja Internasional Batik Biennale 2018 yaitu Pameran (2-6 Oktober 2018) di beberapa tempat seperti Pagelaran Kraton, Benteng Vredeburg, Taman Budaya Yogyakarta, Museum Sonobudoyo, Jogja Gallery, dan Museum Bank Indonesia.

Simposium Nasional dan Internasional (2-3 Oktober 2018) diadakan di Hotel Royal Ambarukmo Yogyakarta. Heritage Tour ( 4 Oktober 2018 ) akan diadakan di Kabupaten Gunungkidul. Sementara Fashion Show diadakan 3-6 Oktober 2018.

Tahun ini JIBB 2018 mengangkat Tema ?Innovation for Sustainable Futures? . ?Saya berharap JIBB 2018 dapat menjadi edukasi batik bagi masyarakat luas?, kata Tazbir selaku Ketua Panitia JIBB 2018. (den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.