Berita Nasional Terpercaya

Kunjungan IAI, Jusuf Kalla Bahas Persaingan MEA

0

JAKARTA, HarianBernas.com ? Untuk membahas persiapan profesi arsitek dalam memasuki Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), perwakilan Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) berkunjung pada Wakil Presiden Republik Indonesia, Jusuf Kalla.

“Kami sudah siap hadapi itu. Di sisi lain, negara perlu paham juga kalau para arsitek adalah profesi penting dalam pembangunan di Indonesia dan negara perlu mendukungnya dengan penuh,” kata Ahmad Djuhara , selaku Ketua Umum IAI saat ditemui wartawan di Kantor Wapres, Jakarta pada Kamis (21/1).

Diperlukan undang-undang yang mengatur tentang profesi arsitek, yang nantinya akan menjadi payung hukum profesi arsitek di Indonesia.

ISI masih menindaklanjuti proses rencana undang-undang di Komisi V, DPR.

“Mungkin Indonesia, di kawasan ASEAN tinggal dua terakhir yang belum punya UU Arsitek. Kita sudah punya UU Keinsinyuran dan itu penting sekali untuk menyokong keberadaan profesi ini dalam hal legalitas,” jelas Ahmad.

Dengan adanya undang-undang yang mengatur tentang profesi arsitek, maka profesi arsitek asal Indonesia mendapat dukungan untuk bersaing dengan negara lain di ASEAN.

“Di ranah ASEAN,sebenarnya kita sudah punya (regulasi). Di dalam negeri sudah ada sertifikat keahlian yang sudah ada UU. Tapi kita butuh lebih dari itu agar kita bisa menjadi sebuah profesi yang dianggap regulated profession, diakui negara dan diatur oleh negara,” tuturnya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.