Berita Nasional Terpercaya

Berkendara Sambil Operasikan Telepon, Langsung Ditilang

0

Bernas.id- Secara serentak, Kepolisian Daerah Istimewa Yogyakarta (Polda DIY) gelar apel pasukan Operasi Zebra Progo 2018 di halaman depan Stadion Maguwoharjo Sleman, Selasa (30/10/2018). Operasi Zebra Progo Pada 2018 akan berlangsung selama 14 hari, yaitu mulai 30 Oktober-12 November 2018.

Operasi Zebra Progo 2018 akan menyasar para pengendara yang tidak memakai helm, melawan arus lalu lintas, dan mengunakan telepon gengam saat berkendaraan di jalan raya. Tentunya, juga dilakukan pemeriksaan kelengkapan kendaraan bermotor dan ketertiban berlalu lintas.

Wakil Direktur (Wadir) Lalu Lintas Polda DIY AKBP Yugonarko menegaskan bagi yang pengendara yang melanggar akan langsung mendapatkan tindakan tegas, yaitu  bukti pelanggaran (tilang).

?Angka kecelakaan lalu lintas yang disebabkan karena pengendaranya menggunakan telpon saat berkendara juga tidak bisa dikatakan  kecil. Maka dari itu kepolisian menilai hal tersebut sebagai bentuk pelanggaran, sebab dengan melanggar bisa mengakibatkan angka kecelakaan meningkat,? kata AKBP Yugonarko usai mengikuti Apel  Gelar Pasukan Operasi Zebra Progo.

AKBP Yugonarko merinci untuk  penegakkan hukum dari Operasi Zebra, yaitu 80% penindakan dan 20%  berupa himbauan, sosialiassi dan edukasi. Tindakan ini dilakukan guna menekan jumlah pelanggaran karena umumnya kecelakaan lalu lintas diawali dengan pelanggaran. 

?Kami akan lebih tegas karena ingin menurunkan tren pelanggaran. Tahun lalu (2017-red) selama 14 hari  pelaksanaan Operasi Zebra ada 51478 pelanggaran di DIY, yaitu 37.606 tilang dan 13.872 teguran. Paling tinggi di Sleman sekitar 8.000 tilang. Tahun ini kami berusaha menekannya,? tegasnya.

Yugonarko mengatakan akan menggerahkan 1000 personel.  Untuk  operasi, ia menyebut ada pemetaan terhadap titik-titik rawan pelanggaran lalu lintas yang sudah dilakukan pihak kepolisian, misalnya untuk titik-titik rawan pelanggaran di LPP, Jalan Solo,  Jalang Magelang hingga Gamping.

Sedangkan, Kasubbid Penmas Humas Polda DIY, Kompol Sri Sumarsih menjelaskan bahwa gelar pasukan operasi zebra progo ini untuk mengetahui kesiapan personil maupun sarana pendukung lainnya. Jika personul dan sarana pendukung siap, kegiatan operasi akan dapat berjalan optimal. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.