Berita Nasional Terpercaya

Program RTLH Masuki Tahap Penghalusan Dinding Rumah

0

Bernas.id – Tak terasa TMMD Reguler ke-103 sudah berlangsung hampir setengah perjalanan dari jadwal total yang direncanakan, yaitu selama kurang lebih 30 hari. Beberapa sasaran program fisik yang di targetkan pun sudah mulai kelihatan hasilnya.

Salah satu program fisik yang sudah terlihat hampir selesai dikerjakan adalah program Bedah Rumah Tidak Layak Huni (RTLH). Hadi Martoyo (67), warga Dusun Temuwuh Kidul Rt 03 Rw 31 Desa Balecatur, Kecamatan Gamping, Kabupaten Sleman yang rumahnya menjadi sasaran program RTLH mengaku merasa betah di rumahnya yang baru. ?Sekarang rumah jadi terasa nyaman, tidurnya juga sudah anget karena atap sudah tidak pada bocor lagi, dulu bukan hanya atap bocor tapi dindingnya pun miring hampir roboh,? ungkapnya.

Bpk.Hadi Martoyo merupakan salah satu penerima bantuan RTLH dari 7 orang warga Desa Balecatur yang terpilih. Saat ini, Pak Hadi tinggal bersama istri Rusmini (60) dan 4 orang anaknya yang mempunyai kebutuhan khusus. Rumahnya yang direnovasi saat ini sudah mencapai 90 persen. Pengerjaan hanya tinggal menyelesaikan Jendela dan Keramik saja. ?Alhamdulilah sekarang rumah saya sudah kuat, saya sudah gak perlu takut roboh kalau ada angin puting beliung saat musim penghujan,? tutur Pak Hadi dengan bahagia.

Bukan hanya rumahnya saja yang dibedah dan direnovasi oleh Tim Satgas TMMD. Selain RLTH Pak Hadi juga mendapat bantuan Program Jambanisasi yang saat ini sudah selesai dikerjakan oleh satgas TMMD.

10 Unit jamban yang disiapkan ini memang di prioritaskan untuk melengkapi kebutuhan MCK dari 7 rumah yang direnovasi. ?Hal ini di maksudkan selain renovasi supaya menjadi rumah sehat, jambanisasi juga untuk memenuhi kebutuhan MCK yang sehat bagi warga yang kurang mampu,?tutur Kapten Inf Nugroho.AT , Pasiter Kodim 0732/Sleman. (*)

Leave A Reply

Your email address will not be published.