Berita Nasional Terpercaya

Sleman Raih Juara Umum Lomba MTQ Pelajar Tingkat DIY

0

Bernas.id- Kabupaten Sleman raih juara umum dalam lomba Musabaqah Tilawatil Quran ( MTQ) Pelajar Sekolah Umum Tingkat DIY tahun 2018 yang dilaksanakan di SMK Negeri 1 Bantul,  Sabdodadi,  Bantul (3/11/18). Atas prestasi tersebut,  Kabupaten Sleman berhak memboyong tropi bergilir dari Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama DIY.

Kepala Dinas pendidikan Kabupaten Sleman, Sri Wantini menjelaskan bahwa kegiatan yang diikuti 155 khafilah dari  5 kabupaten/kota se DIY tersebut melombakan 22 cabang yang diperlombakan mulai jenjang SD, SMP, dan SMA/SMK. Kafilah Kabupaten Sleman berhasil meraih juara di 20 cabang.

Adapun  perincian kejuaraan yang berhasil diraih yaitu  juara 1 sebanyak 7 cabang,  yaitu SD 3 cabang (pidato putra/putri dan cerdas cermat agama),  SMP 2 cabang (pidato putri dan MHQ putra), SMA/K 2 cabang (pidato putra/putri). Juara 2 sebanyak 7 cabang yaitu SD 1 cabang (MHQ putri), SMP 3 cabang (pidato putra, kaligrafi dan cerdas cermat agama),  SMA/K 3 cabang (MTQ putri, seni nasyid dan kreasi busana). Juara 3 sebanyak 6 cabang,  yaitu SD 1 cabang (MTQ putra),  SMP 3 cabang (MTQ putra/putri dan MHQ putri),  SMA/K 2 cabang (MTQ putra dan debat PAI).

“Alhamdulillah anak-anak kami bisa berprestasi dalam ajang ini. Keberhasilan ini merupakan keberhasilan kita bersama dan juga atas kerjasama yang baik antara Disdik dengan Kantor Kemenag dan Balai Pendidikan Menengah Kabupaten Sleman serta dukungan dari sekolah dan orangtua kafilah,” ujar Wantini.

Menurutnya prestasi ini meningkat dari tahun sebelumnya yang hanya berhasil meraih juara umum kedua. “Persiapan yang kami lakukan sebelum maju ke tingkat DIY,  yaitu memberikan pembinaan dan pendalaman materi secara intensif selama 6 hari di Masjid Agung Sleman,” kata Wantini.

Pihaknya juga berencana akan memberikan beasiswa bagi para khafilah yang berhasil meraih prestasi dalam lomba tersebut.

“Kami akan berikan penghargaan kepada para prestator. Insha Allah berupa beasiswa prestasi bagi juara 1, 2 dan 3 yang nanti diberikan secara bersama-sama melalui transfer rekening,” jelas Wantini.

Wantini menambahkan bahwa ke depan pihaknya akan meningkatkan koordinasi dan kerjasama dengan Balai Dikmen dan Kantor Kemenag Kabupaten Sleman serta stakeholder lainnya yang terlibat untuk selalu bersinergi agar bisa mempertahankan prestasi yang telah diraih. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.