Berita Nasional Terpercaya

Bupati Ingin Keselamatan Wisatawan Terjamin di Sleman

0

Bernas.id – Sri purnomo menyatakan sektor pariwisata memegang peran yang penting dalam mendorong pembangunan di Kabupaten Sleman. Dia juga mengatakan bahwa sektor pariwisata mampu menyerap tenaga kerja yang cukup banyak bagi warga Kabupaten Sleman.

?Maka kewajiban kita yang pertama adalah menciptakan situasi yang aman dan kondusif di Kabupaten Sleman,? tutur Sri Purnomo setelah melaunching Tri Pakarti Musna, di Bumi Perkemahan Wonogondang, umbulharjo, Cangkringan, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Selasa 6 November 2018.

Lebih lanjut, Sri Purnomo mengimbau para pihak terkait untuk mengutamakan keselamatan para pengunjung ketika berwisata di Kabupaten Sleman. Terlebih untuk jeep yang banyak digunakan untuk wisata lava tour, dia berharap pengemudi selalu mengutamakan keselamatan penumpangnya.  

?Ketika sudah sampai di destinasi wisatanya, keselamatan wisatawan juga harus terjamin. Kaitannya dengan wisata jeep ini maka penumpang harus pakai helm, pakai seat belt, pengemudinya harus punya SIM dan mobilnya harus layak. Jadi, harapan kami zero accident,” jelasnya.

Sementara itu, Drs Budiharjo, MSi, selaku kepala Inspektorat menjelaskan pihaknya telah menyusun langkah-langkah baik jangka pendek, jangka menengah, maupun jangka panjang untuk memberikan pelayanan yang optimal di sektor kepariwisataan. Salah satunya, dia mengatakan pihaknya akan membuat aplikasi khusus yang dapat digunakan untuk pengaduan keluhan masyarakat terkait kepariwisataan di kabupaten Sleman.

?Di tahun 2019 nanti kita akan luncurkan aplikasi khusus untuk pengaduan masyarakat. Sebelum aplikasi tersebut bisa diakses, masyarakat dapat mengadukan di aplikasi Lapor Sleman jika ada keluhan,? ucapnya.

Program Tri Pakarti Musna tersebut merupakan implementasi dari proyek perubahan dalam rangka melaksanakan pendidikan dan pelatihan kepemimpinan tingkat II angkatan 22 tematik pariwisata yang diikuti oleh Budiharjo beberapa saat lalu di Badan pengembangan Sumber Daya Manusia Provinsi Bali. Kegiatan tersebut mengambil tema Musna Kecelakaan, Pengaduan dan Temuan Hasil Pemeriksaan Guna Mewujudkan Akuntabilitas Kawasan Strategis Pariwisata Nasional di Kabupaten Sleman.

Acara tersebut turut dihadiri oleh Wakapolres Sleman, Kompol Mariska Fendi Susanto, SH, SIK, Kepala-kepala OPD Kabupaten Sleman, Forkompimka Cangkringan, para penyedia jasa jeep lava tour dan Indonesia Offroad Federation (IOF) Pangda DIY. Pada kesempatan tersebut Bupati Sleman berkesempatan melakukan pemeriksaan kelaikan jeep untuk wisata lava tour. Kemudian acara dilanjutkan dengan pengarahan terhadap penyedia jasa jeep lava tour oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman dan Polres Sleman. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.