Berita Nasional Terpercaya

UMKM DIY Didorong Gencar Pakai Teknologi Digital

0

Bernas.id – Dinas Koperasi dan Usaha, Mikro, Kecil, Menengah DIY mendorong seluruh pelaku UMKM di daerah ini menggencarkan pemanfaatan teknologi digital. Ini supaya bisa menjangkau pasar yang lebih luas.

Kepala Bidang UMKM Dinas Koperasi dan UMKM, Agus Mulyono mengatakan melalui Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) DIY, pihaknya telah memfasilitasi pelatihan teknis mengenai pemasaran secara digital.

“Bagi UMKM yang ingin menembus pemasaran digital atau 'online' kami fasilitasi pelatihan secara gratis di PLUT,” katanya, Jumat (9/11/2018).

Ia mengakui pihaknya saat ini belum dapat melakukan pendataan berapa banyak UMKM di Yogyakarta yang telah melakukan pasaran produk secara online atau daring. Tetapi ia meyakini sebagian besar pelaku usaha baik skala kecil maupun besar di Yogyakarta telah mengenal metode pemasaran secara online tersebut.

“Sekarang sudah banyak toko online mereka cukup registrasi dan memasarkan barangnya di sana,” katanya.

Terlebih menurutnya, pada era digital saat ini rata-rata pelaku UKM di negara lain juga telah menggunakan sarana berbasis teknologi digital untuk memasarkan produknya tersebut.

Berdasarkan data berjenjang dari dinas UMKM lima kabupaten atau kota, hingga saat ini tercatat kurang lebih 200.000 UMKM di DIY. Tetapi baru 16.100 pelaku usaha atau 8 persen yang telah memiliki izin usaha mikro kecil (IUMK). (den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.