Berita Nasional Terpercaya

Penyebaran Penyakit Zoonosis Diwaspadai

0

Bernas.id – Walaupun jumlah peternakan babi di Kota Yogyakarta tidak terlalu banyak, namun Dinas Pertanian dan Pangan setempat tetap meningkatkan kewaspadaan terhadap lalu lintas ternak. Ini untuk mengantisipasi penyebaran penyakit zoonosis.

?Apalagi saat ini sudah masuk awal musim hujan. Potensi penyebaran penyakit zoonosis diperkirakan akan mengalami peningkatan sehingga perlu peningkatan kewaspadaan juga, salah satunya lalu lintas ternak,? kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kota Yogyakarta Sugeng Darmanto, Minggu (11/11/2018).

Salah satu wabah penyakit ternak yang saat ini merebak adalah ?African Swine Fever? yang menyerang babi. Penyakit tersebut merebak dengan cukup cepat di Tiongkok dan dikhawatirkan menyebar ke wilayah sekitarnya.

?Di Kota Yogyakarta, masih ada peternak babi yang berlokasi di Sudagaran. Nabi di Kota Yogyakarta biasanya didatangkan dari Salatiga dan langsung diterima peternak,” sambungnya.

Oleh karena itu, lanjut dia, kesadaran peternak untuk menjaga kondisi kandang dan kebersihan makanan yang dimakan agar tetap bersih menjadi hal penting untuk mencegah penularan penyakit yang disebabkan virus itu.

?Kami pun rutin mengirim tim ke tempat-tempat yang dimungkinkan memicu munculnya penyakit dengan pemantauan dan disinfektan. Kebersihan kandang dan kualitas makanan harus diperhatikan,? katanya.

Apabila peternak menemukan hewan ternaknya menunjukkan gejala terserang penyakit apapun, maka diminta untuk segera membawa ternaknya ke poliklinik hewan agar bisa ditangani lebih cepat. (den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.