Berita Nasional Terpercaya

KSAU: Kebutuhan Penerbang ke Depan Banyak

0

Bernas.id- Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Yuyu Sutisna, SE, MM mengatakan kebutuhan penerbang ke depan cukup banyak.

“Kebutuhan penerbang ke depan cukup banyak sehingga setiap tahun kita mencetak tentunya mereka yang memenuhi syarat baik kesehatan dan psikologi,” katanya seusai melantik 15 penerbang muda lulusan Sekbang A-94/ PSDP A-31 dalam upacara militer yang dikenal dengan Wingday dan Praspa Penerbang TNI bertempat di lapangan Jupiter Lanud Adisutjipto, Rabu 14 November 2018.

Khusus untuk Angkatan Udara dalam menyikapi kedatangan alutsista, khususnya di Renstra 3 dan Renstra 4 ini, KSAU Yuyu Sutisna menargetkan setiap tahun dari akademi sekitar 52 penerbang yang sebelumnya, hanya di sekitar 40-45 penerbang.

“Karena alutsista akan berdatangan mulai dari tahun depan sampai dengan Renstra 4, kita menambah terus, hanya permasalahannya mereka yang memenuhi ini masih kurang. Contoh, tahun ini kita memerlukan 52 yang memenuhi syarat hanya 50. Kita tidak bisa memaksakan untuk penerbang karena persyaratannya harus dipenuhi,” imbuhnya.

Terkait acara pelantikan hari ini, KSAU Yuyu mengatakan bahwa hari ini dilantik 15 penerbang ikatan dinas pendek. “Mereka dididik sekitar dua tahun dari SMA, dasar kemiliteran, langsung mengikuti sekolah penerbang. Ini untuk mengantisipasi atau menyikapi penambahan alutsista khususnya Angkatan Darat,” jelasnya.

“Mereka yang angkatan ini ada empat orang penerbang untuk pesawat fixed wing dan sebelas penerbang untuk rotary wing atau helikopter,” tambahnya.

KSAU Yuyu Sutisna mengatakan setelah mengikuti pendidikan di sini, mereka akan diserahkan kepada angkatan darat. “Mereka melaksanakan transisi, kemudian menjadi penerbang operasional. Tentunya untuk memenuhi kebutuhan penerbang di TNI, khususnya Angkatan Darat,” ujarnya. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.