Berita Nasional Terpercaya

Rute JIHW 2018 Diresmikan Wakil Bupati Sleman

0

Bernas.id- Dengan memotong pita, Wakil Bupati Sleman, Sri Muslimatun meresmikan jalur permanen Jogja International Heritage Walk (JIHW) 2018.

Wakil Bupati Sleman, Sri Muslimatun pun menyambut gembira karena Sleman terpilih menjadi tuan rumah JIHW 2018. ?Terpilihnya Sleman menjadi rute event jalan kaki internasional ini merupakan sebuah kehormatan bagi kami. Saya berharap seluruh peserta nantinya mendapatkan pengalaman yang berbeda dalam menikmati keindahan alam sleman,” katanya, Joglo Kalangan Turi, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, 16 November 2018.

Terkait rute, Sri Muslimatun mengatakan bahwa rute dalam kegiatan JIHW 2018 telah melalui berbagai pertimbangan, termasuk faktor keamanan rute serta pemandangan yang menarik saat dilewati.

?Pada event jalan kaki ini Sleman juga menyajikan ciri khas budaya kental yang unik dari 10 Dusun yang dilewati nantinya oleh seluruh peserta JIHW 2018,” imbuh Sri Muslimatun.

Bagi Sri Muslimatun, penyelenggaraan event JIHW 2018 secara tidak langsung akan memperkenalkan potensi wisata di Sleman pada wisatawan dalam dan luar negeri.

Sedangkan, Sekjen Jogja Walking Assocation, Fitriani Quroda menjelaskan bahwa pada kegiatan JIHW Tahun 2018 diresmikan rute permanen sepanjang 10 KM dengan melewati 10 dusun yang mengambil start dari Dusun Kalangan, kemudian melalui Ngemplak,Jabung, Kerandon, Ngepas, kadilobo, Karanggeneng, Kembang arum, Sukodono, dan kembali lagi ke Kalangan.

?Dengan melewati 10 dusun ini, para peserta akan melewati pemandangan yang sangat indah Gunung Merapi dan Merbabu juga menyusuri sawah, sungai, serta bisa bercengkrama dengan masyarakat yang sangat ramah. Dan ini menjadi aset yang sangat luar biasa menurut saya, karena inilah yang dijual,? tuturnya usai mengikuti prosesi peresmian tersebut.

Lebih lanjut, Fitriani juga menjelaskan kegiatan peresmian merupakan langkah awal (uji coba) sebelum mengikuti kegiatan JIHW 2018 yang dilaksanakan selama 2 hari pada 17-18 November 2018 di Prambanan dan Turi.

?Hari ini ada sekitar 60 peserta dari 10 Negara dari jumlah seluruh peserta mencapai 350 orang yang terdiri dari 25 Negara. Jadi kegiatan hari ini merupakan optional untuk para peserta bagi yang ingin mengikuti atau mencoba rute 10 KM ini,” paparnya.(jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.