Berita Nasional Terpercaya

Menuju Era Emas, Mahasiswa UWM Dibekali Kreativitas

0

Bernas.id- Sebagai langkah mengantarkan mahasiswa mencapai taraf pengoptimalan kreativitas, Universitas Widya Mataram (UWM) memberikan pembekalan penyusunan proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM).

Acara tersebut digelar pada Jum?at (16/11/2018) di ruang Auditorium Fakultas Ekonomi UWM. Hadir dalam acara tersebut para wakil rektor, dekan, kaprodi, dosen dan para mahasiswa.

Bidang Kemahasiswaan yang menjadi penyelenggara acara tersebut mendatangkan Prof Dr Akhmad Fauzy, SSi, MSi, PhD sebagai narasumber. Pelatihan ini merupakan tindak lanjut dari kegiatan pra pelatihan yang telah diselenggarakan pada hari Senin, 12 November 2018 lalu.

Antusias para mahasiswa dan dosen pembimbing tampak ketika ruangan berkapasitas 120 orang tersebut dipenuhi peserta.

Dalam sambutan membuka acara, Rektor UWM Prof Dr Edy Suandi Hamid, MEc memberikan apresiasi dan beberapa hal mendasar yang harus dipahami dan dilaksanakan para peserta.

Menurut Prof Edy, kegiatan ini tidak hanya berorientasi pada program saja. Lebih jauh dari itu, agar mahasiswa lebih care dan terstimulus karena PKM sangat penting untuk pemeringkatan perguruan tinggi. Mahasiswa juga harus dibekali pemikiran inovatif kemudian mempraktekkannya.

PKM menjadi relevan pada saat ini mengingat era disruption innovation yang menuntut kreativitas dan Inovasi sehingga hanya ada dua pilihan yakni innovation or  die, kata Prof Edy.

Sementara itu, Prof Fauzy memaparkan kiat-kiat dan strategi sehingga proposal yang diajukan bisa lolos dan didanai oleh Dikti. PKM sendiri terdiri dari beberapa skim di antaranya PKM Penelitian (PKM-P), PKM Kewirausahaan (PKM-K), PKM Pengabdian kepada Masyarakat (PKM-M), PKM Penerapan Teknologi (PKM-T), PKM Karsa Cipta (PKM-KC), PKM Artikel Ilmiah (PKM-KC), PKM Artikel Ilmiah (PKM-AI) dan PKM Gagasan Tertulis (PKM-GT).

Beberapa rambu-rambu dari masing-masing PKM juga disampaikan secara jelas kepada peserta. Selain itu, peserta juga berkesempatan berdialog langsung dengan melontarkan pertanyaan kepada narasumber. (Nuning)

Leave A Reply

Your email address will not be published.