Berita Nasional Terpercaya

Puluhan Foto Masjid Nusantara Abad 12 Hingga 21 Dipamerkan

0

Bernas.id – Sebanyak 50 foto masjid yang diambil dari Banda Aceh hingga Fakfak, Papua dipamerkan di Gedung Yayasan Badan Wakaf (YBW) UII Jalan Cik Ditiro, Jogja, Minggu (25/11). Kegiatan yang diselenggarakan Lembaga Kebudayaan Embun Kalimasada YBW UII itu untuk mengingatkan pentingnya kebudayaan dan menempatkan masjid tidak hanya sebagai tempat spiritual namun juga pembentuk karakter masyarakat.

Direktur Eksekutif Lembaga Kebudayaan Embun Kalimasada UII Hadza Min Fadhli Robby mengatakan pameran foto ini menggambarkan masjid dari Banda Aceh sampai Fakfak, Papua, mulai dari pembangunannya di abad 12 hingga abad 21. Pameran itu diharapkan menjadi refeleksi sejarah yang penting, sehingga ada hubungan mutual antara masjid dengan masyarakat. Selain itu pihaknya berusaha untuk mendiskusikan kebudayaan yang mempertemukan antara tradisionalitas dam modernitas.

“Pameran ini mengajak pengunjung tidak sekedar melihat masjid dari sisi estetika dan arsitektur atau hanya menempatkan masjid sebagai tempat urusan spiritual saja tetapi juga memposisikan masjid sebagai pembentuk masyarakat,” ujarnya.

Ketua Yayasan Badan Wakaf UII Suwarsono mengatakan, pameran itu sebagai salah satu jalan kebudayaan, jalan damai yang seringkali ditinggalkan. Melalui Embun Kalimasada ini, pihaknya akan menggelar pameran sebanyak tiga kali dalam setahun, sebagai salah satu cara kebudayaan yang ditempuh perguruan tinggi dalam berkomunikasi dengan masyarakat.

“Kami juga akan menggelar pameran tentang sajadah, ini sebagai masa depan Islam Indonesia, meskipun masyarakat muslim di Indonesia ini banyak tetapi tidak ada satupun pabrik sajadah di Indonesia,” katanya. (den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.