Berita Nasional Terpercaya

Java Promo Pamerkan Kuliner Tradisional Khas Jateng-DIY

0

SLEMAN, BERNAS.ID- Java Promo menggelar Java Heritage Culinary di Lapangan Sentono, Candi Prambanan. Pameran kuliner tradisional ini menghadirkan makanan khas dari 16 daerah di Jateng dan DIY anggota Java Promo, Sabtu 15 Desember 2018.

Yetti Martanti, koordinator acara Java Heritage Culinary menjelaskan bahwa Java Promo merupakan sebuah wadah kerjasama kabupaten/kota di wilayah Jateng dan DIY yang aktif mempromosikan pariwisata, salah satunya kuliner.

“Pameran ini merupakan upaya Java Promo untuk memperkenalkan kuliner tradisional sebagai bagian dari mendukung industri pariwisata di Jateng dan DIY,” ujarnya.

Yetti mengatakan tren wisatawan yang berkunjung ke DIY ataupun Jateng saat ini mulai senang dengan sesuatu yang otentik dan khas, salah satunya adalah kuliner.

“Saat ini, kuliner menjadi salah satu daya tarik wisata, dan kami ingin memunculkan potensi kuliner masing-masing daerah,” ujarnya.

Sedangkan, Ketua Sekretariat Bersama Java Promo, Sumadi mengatakan Java Heritage Culinary dilaksanakan di Candi Prambanan untuk menonjolkan nuansa alami dan sejuk.

“Selain festival kuliner tradisional, hari ini juga ada lomba memasak soto nusantara dan lomba latte art dengan juri yang sudah kompeten dibidangnya,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Sleman, Sudarningsih mengatakan kegiatan seperti ini sangat penting untuk mendorong kemajuan pariwisata di wilayah di Jateng/DIY.

“Apalagi di Sleman ini juga ada beberapa destinasi wisata yang juga berada di wilayah Jateng, seperti Merapi, Candi Prambanan,” ujarnya.

Ke-16 daerah anggota Java Forum adalah Kabupaten Magelang, Kota Magelang, Kabupaten Boyolali, Kabupaten Karanganyar, Kabupaten Purworejo, Kabupaten Kebumen, Kabupaten Kulonporogo, Kabupaten Banjarnegara, Kabupaten Sleman, Kabupaten Gunungkidul, Kabupaten Klaten, Kabupaten Temanggung, Kabupaten Semarang, Kabupaten Wonosobo, Kabupaten Bantul, dan Kota Jogja. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.