Berita Nasional Terpercaya

Soal Merapi, Bupati Sleman Imbau Masyarakat Tenang

0

Bernas.id- Akun resmi Twitter BPPTKG menginformasikan adanya guguran lava yang mengarah ke bukaan kawah, yaitu hulu Kali Gendol dengan jarak luncur sejauh 300 meter, pada tanggal 16 Desember 2018 sekira jam 19:08 WIB dengan intensitas guguran masih rendah.

Terkait informasi tersebut, Bupati Sleman, Sri Purnomo mengatakan bahwa guguran lava itu masih sebatas wajar. “Kami sudah dapat laporan. Materi yang keluar pada hari itu masih sekitar dua ribuan” katanya di Halaman 

“Masyarakat tidak perlu khawatir, tapi masyarakat selalu waspada dan siaga. Nanti juga melihat instruksi-instruksi yang disampaikan pemerintah,” imbuh pesannya.

Ia mengatakan prinsipnya volume yang dikeluarkan masih sedikit. “Arahan dari BPTTKG harus diikuti,” ucapnya.

Bupati Sleman pun mengimbau untuk penduduk yang tinggal di sekitar daerah aliran sungai kalau curah hujan tinggi. “Hati-hati yang berada di sekitar daerah aliran sungai yang berhulu pada puncak Merapi kalau ada banjir lahar dingin,” pungkasnya.

Rekomendasi dari BPPTKG, yaitu 1) Masyarakat dihimbau untuk tetap tenang dan beraktivitas seperti biasa. 2) Masyarakat di Kawasan Rawan Bencana III dihimbau utk terus mengikuti informasi pertumbuhan kubah & guguran lava. 3) Radius 3 km dari puncak Gunung Merapi agar dikosongkan dari aktifitas penduduk. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.