Berita Nasional Terpercaya

581 Siswa Berprestasi di Sleman Diberi Beasiswa

0

Bernas.id- Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman memberikan bantuan beasiswa kepada siswa SD dan SMP yang berprestasi dan bantuan dari Lembaga Orang Tua Asih (LOTA-DIY) untuk bagi siswa SD dan SMP yang tidak mampu. Total siswa SD dan SMP di Kabupaten Sleman yang menerima beasiswa dan bantuan, yaitu 581.

Bupati Sleman, Sri Purnomo mengatakan penyerahan beasiswa ini merupakan bentuk apresiasi yang diberikan pemerintah atas prestasi yang diraih anak didik kita di berbagai bidang. “Saya harap pemberian beasiswa ini dapat dijadikan motivasi bagi para siswa untuk meningkatkan prestasinya di masa-masa mendatang. Demikian pula bagi siswa-siswa lain saya harap dapat meniru prestasi rekan-rekannya sehingga mutu pendidikan kita semakin baik di tahun-tahun mendatang,” katanya di Rumah Dinas Bupati Sleman, Senin 17 Desember 2018.

“Saya bangga dan bahagia menyaksikan semakin banyaknya anak-anak kita yang berprestasi di berbagai bidang. Hal ini menunjukkan bahwa generasi muda kita memiliki potensi besar yang tidak kalah dibanding anak-anak di daerah lain. Satu hal yang harus kita pertahankan adalah meningkatnya jumlah prestasi dari tahun ke tahun,” imbuhnya.

Tanpa pendidikan yang baik dan bermutu, menurut Sri, tidak akan tumbuh bangsa yang cerdas sehingga tidak mungkin membangun masa depan yang lebih baik. Pendidikan yang kita laksanakan saat ini adalah untuk mempersiapkan anak didik yang mampu menguasai masa depan yang mampu membangun dirinya dan bangsanya, seiring dengan berbagai tantangan di era keterbukaan.

Bupati Sleman juga mengingatkan kepada para orang tua untuk terus memberikan dorongan dan fasilitasi bagi putra-putrinya untuk meraih prestasi yang lebih baik. Berikan mereka perhatian dan kasih sayang yang sangat penting untuk menghindarkan mereka dari Iingkungan pergaulan yang salah. Karena pada dasarnya prestasi anak didik dimulai dari lingkungan keluarga yang kondusif. “Perlu saya tegaskan bahwa kecerdasan tidak hanya berupa kecerdasan akademik namun juga terkait moral dan perilaku. Di sinilah peran orang tua dibutuhkan sebagai pemberi tauladan bagi putra-putri kita. Terlebih lagi akhir-akhir ini condong bcrmunculan aksi vandalisme dan kenakalan remaja,” bebernya.

Sedangkan, Kepala Dinas Pendidikan Sleman Sri Wantini mengatakan pemberian beasiswa ini bertujuan untuk mengapreisasi siswa yang berprestasi di bidang akademik dan non akademik dari tingkat SD hingga SMP di Sleman. 

“Pemberian beasiswa ini juga diharapkan dapat meringankan beban personal biaya bagi siswa di kabupaten sleman,” katanya.

ia menjelaskan 581 siswa yang mendapat beasiswa terdiri dari empat siswa berprestasi di tingkat internasional, sembilan siswa berprestasi di tingkat nasional, 29 siswa berprestasi di tingkat provinsi, dan 159 siswa berprestasi di tingkat kabupaten.

“Untuk yang berprestasi totalnya 373 siswa dengan pembiayaan dari APBD Sleman,” ujarnya.

Sedangkan beasiswa bagi yang tidak mampu, diberikan oleh L-OTA DIY kepada 208 siswa di Kabupaten Sleman yang terdiri dari 192 siswa SD dan 16 siswa SMP. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.