Berita Nasional Terpercaya

Jelang Libur Nataru, Sleman Sediakan Jalur Alternatif

0

Bernas.id- Jelang liburan Natal dan Tahun Baru (Nataru), Dinas Perhubungan (Dishub) Sleman menyiapkan beberapa jalur alternatif untuk mengantisipasi padatnya arus lalu lintas dari dan keluar DIY, terutama lalu lintas di kawasan Sleman.

“Sama seperti libur Lebaran, kami menyiapkan beberapa jalur alternatif,” kata Kepala Bidang (Kabid) Lalu Lintas Dishub Sleman Sulton Fatoni, Senin 17 Desember 2018.

Sulton menjelaskan tentang jalur-jalur alternatif tersebut. Dari Tempel belok ke kiri ke arah timur menuju Pakem, menuju ke Cangkringan sampai ke Prambanan, atau dari Tempel belok ke kanan melewati Klangon hingga ke Jalan Wates. Untuk di wilayah Sleman, ada alternatif dari simpang Denggung  belok ke kiri menuju Jalan Kaliurang atau simpang Denggung ke belok ke kanan menuju Godean.

“Kami sudah menyiapkan rambu-rambu petunjuk jalan alternatif untuk memudahkan pengendara,” ucapnya.

Di wilayah Sleman, Sulton menyebut ada tiga titik rawan macet, yaitu Simpang Denggung, sekitaran Pasar Gamping, dan Simpang Bandara Adisucipto.

“Untuk menghindari macet di Simpang Denggung, dari Pasar Sleman belok kanan menuju arah Cebongan. Untuk simpang Bandara, bisa belok ke kiri melewati Piyungan,” ujarnya.

Sulton mengatakan Dinas Perhubungan akan menerjunkan 43 personil di titik-titik yang sudah ditentukan untuk membantu kelancaran para pengendara.

Hari ini Senin (17/12/2018), Dishub Sleman juga akan melakukan rampcheck terhadap angkutan-angkutan umum jelang libur Natal dan tahun baru. Kepala Seksi Pengendalian Lalu Lintas Dishub Sleman, Sunardi mengatakan seiring naiknya jumlah penumpang harus dibarengi dengan kelayakan kendaraan angkutan.

“Yang kami periksa adalah fisik dan administrasi kendaraannya,  termasuk sistem lampu sein, lampu rem, lampu utama, dan sistem roda, serta roda yang gundul,” jelasnya.

Dalam rampcheck yang dilakukan Dishub Sleman di Terminal Jombor terdapat satu kendaraan bis yang sudah habis masa uji berlakunya dan satu kendaraan travel yang tidak ada izin trayek khusus. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.