Berita Nasional Terpercaya

Dua Anjing K-9 Siap Amankan Stasiun Yogyakarta

0

Bernas.id – Dua ekor anjing K-9 dari Unit Satwa Direktorat Sabhara Polda DIY siap menjalankan tugas untuk membantu mengamankan stasiun di Yogyakarta selama pelaksanaan masa Angkutan Natal dan Tahun Baru 2019.

?Kedua anjing ini memiliki kemampuan yang berbeda. Flash memiliki kemampuan untuk melacak bahan peledak sedangkan Joni mampu melacak narkotika,? kata Kepala Unit Satwa Direktorat Sabhara Polda DIY AKP Adi Purnomo di sela-sela apel kesiapan Angkutan Natal dan Tahun Baru 2019 di Stasiun Yogyakarta, Rabu (19/12/2018).

Kedua anjing K-9 tersebut akan bertugas secara bergantian di dua stasiun besar yang ada di Yogyakarta yaitu di Stasiun Tugu dan Lempuyangan mulai 20 Desember hingga 6 Januari 2019. ?Sehari bertugas satu kali,? katanya.

Adi menyebut, Flash yang memiliki ras Belgian Malinois dan Johnny dari ras Labrador tersebut sudah memiliki segudang pengalamanan untuk melakukan sterilisasi atau pelacakan, di antaranya hotel, bandara, Gedung Agung atau sterilisasi lokasi saat ada tamu negara yang datang ke Yogyakarta.

?Mereka sudah bertugas sejak berusia dua tahun,? kata Adi yang menyebut kedua anjing saat ini hampir berusia lima tahun.

Keduanya akan menunjukkan reaksi tertentu jika menemukan narkotika atau bahan peledak. Keramaian di stasiun saat libur panjang akhir tahun, dipastikan tidak akan mengurangi kemampuan kedua anjing untuk melakukan pelacakan.

?Mereka pun sangat senang bersosialisasi dengan penumpang. Saat diajak berfoto atau dibelai, justru mereka akan senang sehingga bisa mengurangi stres dari tugas yang diberikan kepada mereka,? ujar Adi. (den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.