Berita Nasional Terpercaya

Menteri PUPR Dianugerahi HB IX Awards, Ini Alasannya

0

SLEMAN, BERNAS.ID- Universitas Gadjah Mada memberikan Hamengku Buwono IX Awards kepada Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono karena kiprahnya yang luar biasa dalam pembangunan infrastruktur Indonesia.

Rektor UGM, Panut Mulyono mengatakan UGM memberikan penghargaan HB IX Awards kepada Menteri PUPR karena pengabdiannya yang yang luar biasa. “Prinsipnya UGM memberikan penghargaan kepada sosok di Indonesia yang mempunyai kiprah dan pengabdian luar biasa kepada bangsa dan negara, serta meneladani sosok dan sifat-sifat dari Sri Sultan Hamengku Buwono IX yang bersifat kerakyatan dan demokratis yang berjuang tanpa pamrih untuk kemakmuran dan kejayaan bangsa,” jelasnya ketika konferensi pers di Grha Sabha Pramana, Rabu 19 Desember 2018.

“Kami mengevaluasi tokoh-tokoh yang ada di Indonesia ini, ketemulah Menteri PUPR. Kita tahu kiprahnya yang luar biasa dalam pengembangan infrastruktur. Beliau juga sangat egaliter, merakyat, dengan siapa saja sangat mudah bergaul dan menyatu,” imbuhnya.

Menurut Rektor Panut, dedikasi Menteri Basuki kepada UGM juga tidak diragukan lagi, sangat luar biasa. “Untuk UGM, apapun akan dilakukan seperti menjadi fasilitator untuk tujuan mulia, mendidik anak-anak calon pemimpin bangsa,” ujarnya.

Sedangkan, Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono mengatakan kebanggaannya karena dianugerahi HB IX Awards. “Jadi saya sangat bangga mendapati awards ini karena kriteria tidak umum dan sangat detail. Sekaligus, ini menjadi tanggung jawab saya apalagi tentang integritas yang harus diteruskan,” ucapnya.

Terkait menjaga integritas, Menteri Basuki mengatakan tidak gampang kerja di Kementerian Pekerjaan Umum. Ia pun menegaskan peroleham awards ini bukan karena dirinya pernah menjadi ketua Kagama, tapi perannya sebagai pembantu presiden. “Tanpa menjadi menteri, tidak mungkin saya bisa mempunyai peran seperti sekarang ini. Itu logika saya, kenapa Basuki mendapatkan Hamengku Buwono Award,” katanya.

“Menteri PUPR itu sebagai visinya dari Presiden, tanggung jawab saya untuk mengimplementasikan. Kerja itu hanya dua, loyalitas dan trust. Loyal kepada pimpinan dan kepercayaan dari pimpinan,” imbuhnya.

Menteri Basuki pun menegaskan lagi bahwa dirinya bangga awards ini sehingga menambah tanggungjawab pada dirinya untuk menjaga integritas. “Saya bangga dengan ini, menjadi tanggung jawab, dan menjadi pagar saya agar tetap berjalan di dalam koridor,” tuturnya. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.