Berita Nasional Terpercaya

DPW Ipkindo DIY Tanam Ribuan Pohon di Gunung Mungker

0

BANTUL, BERNAS.ID —Pengurus maupun anggota Dewan Pengurus Wilayah Ikatan Penyuluh Kehutanan Indonesia (DPW Ipkindo) DIY melakukan gerakan penanaman pohon di Dusun Pencitrejo, Desa Terong, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Rabu (19/12/2018). Gerakan penanaman pohon ini selain dalam rangka pelestarian lingkungan dan konservasi lahan juga untuk meningkatkan kesejahteraan petani setempat karena mendapatkan hasil dari pohon yang ditanam.

Ketua DPW Ipkindo DIY Suroso bersama Penasihat Ipkindo Pusat yang juga Ketua Umum Asosiasi Panel Kayu Indonesia (APKI) Pusat Dr Ir Bambang Soepijanto MM dan Penasihat DPW Ipkindo DIY Hendricus Mulyono alias Mbah Mul kepada wartawan di Wisma Yoso Putro Cupuwatu, Desa Purwomartani, Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman, Kamis (20/12/2018) mengatakan, penanaman pohon bersama kelompok tani yang dilakukan DPW Ipkindo DIY merupakan hasil kerja sama dengan Dinas Kehutanan dan Perkebunan DIY serta beberapa pihak swasta.

Pada Rabu (19/12/2018) lalu, DPW Ipkindo DIY melakukan penanaman 2.200 bibit pohon berupa bibit sengon, mahoni, nangka, sirsak dan sebagainya. Selain untuk pelestarian mata air, penanaman bibit pohon juga untuk menambah keindahan obyek wisata alam Gunung Mungker dengan menaman bibit tanaman Ketapang Kencana dan Picuk Merah. Tanaman ini diharapkan mampu menambah keindahan di jalan lingkar maupun di obyek wisata Gunung Mungker sehingga menjadi tempat selfi yang indah dan menarik bagi wisatawan.

Menurut Suroso, dalam jangka panjang penanaman bibit tersebut untuk menumbuhkan mata air di Gunung Mungker dan meningkatkan kesejahteraan petani dari hasil panen buah tanaman maupun kayu dan kedatangan wisatawan. Karena dalam jangka waktu lima tahun, pohon sengon sudah bisa dipanen untuk menambah penghasilan petani.

Sementara Penasihat Ipkindo Pusat yang juga Ketua Umum APKI Dr Ir Bambang Soepijanto MM mengatakan, pihaknya sangat mendukung upaya yang dilakukan Ipkindo DIY dalam rangka mewujudkan kehidupan petani dan masyarakat yang lebih baik. “Jadi menanam pohon untuk hidup yang lebih baik,” kata Dr Ir Bambang Soepijanto yang juga menjadi salah satu calon Anggota DPD RI itu.

Menurut Bambang Soepijanto, apa yang dilakukan Ipkindo selama ini merupakan gerakan dalam senyap karena hampir semua kegiatan mereka selama ini tak terekspos. Padahal, apa yang mereka lakukan sangat penting dan bermanfaat sangat besar bagi kehidupan umat manusia. Karena para penyuluh kehutanan tidak hanya melakukan perencanaan tapi juga melakukan penanaman, memberi penyuluhan, ikut mendampingi perawatan hingga hasilnya dinikmati masyarakat.

Hal yang sama disampaikan Penasihat DPW Ipkindo DIY Hendricus Mulyono alias Mbah Mul. Menurut Mbah Mul, apa yang dilakukan Ipkindo DIY patut diapresiasi karena sangat penting bagi masa depan umat manusia. “Penanaman pohon memiliki dampak yang sangat luas mulai dari koservasi sumber air, melestarikan lingkungan hidup, menghasilkan buah dan kayu untuk dinikmati petani dan masyarakat pada umumnya,” kata mantan Manajer PSS Sleman ini.

Menurut Suroso, dalam gerakan penanaman bibit ini, Ipkindo bersama kelompok tani setempat menanam 1.000 batang pohon sengon yang bisa dipanen paling lambat 5 tahun mendatang dan akan menyusul bantuan 1.000 bibit cengkeh. Obyek wisata Gunung Mungker seluas 3 hektar dan bisa dikembangkan menjadi 5 hektar sehingga diharapkan semakin banyak wisatawan yang akan berkunjung ke sana. (lip)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.