Berita Nasional Terpercaya

Kemenpora Serahkan Hibah Gelanggang Olahraga ke UGM

0

SLEMAN, BERNAS.ID- Kementerian Pemuda dan Olahraga menyerahkan hibah barang milik negara berupa gedung Gelanggang Olahraga (GOR) kepada Universitas Gadjah Mada. Penyerahan GOR ini dilakukan dalam bentuk berita acara serah terima hibah barang senilai Rp 7,9 Milyar, Kamis (28/12), di ruang sidang pimpinan kantor pusat UGM.

Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga (Sesmenpora) Gatot S Dewa Broto mengatakan dengan dilaksanakannya penyerahan hibah tersebut maka pihak UGM bisa melanjutkan pembangunan GOR hingga selesai. ?Kami mohon maaf, penyerahan hibah ini terlambat, dengan adanya perjanjian ini pihak UGM bisa melanjutkan,? kata Gatot.

Dalam kesempatan tersebut, Gatot mengharapkan keberadaan GOR nantinya bisa ikut membantu pemerintah meningkatkan prestasi olahraga nasional. ?Kami tengah konsen ke  pihak kampus untuk membantu pemerintah meningkatkan prestasi olahraga, karena tidak semuanya bergantung pada Kemenpora,? katanya.

Salah satu program yang akan digalakkan oleh Kemenpora yakni  pengembangan wisata olahraga yang selama ini belum dikelola secara maksimal. Menurutnya pihak kampus bisa memberikan dukungan, berupa pemikiran, ide dan gagasan soal konsep pengembangan wisata industri olahraga tersebut. ?Industri olahraga untuk wisata sangat besar manfaatnya bahkan efek asian games kemarin masih sangat terasa,? katanya.

Menurutnya pengembangan potensi wisata industri olahraga perlu didorong, ia mencontohkan kegiatan semacam olahraga balap sepeda Tour De Singkarak dan semacamnya sangat besar pengaruhnya dalam meningkatkan potensi wisata dan ekonomi daerah.

Rektor UGM Prof Ir Panut Mulyono Meng PhD, menyampaikan apresiasai dan penghargaan atas pemberian hibah GOR dari Kemenpora. Rektor menegaskan UGM akan melanjutkan pembangunan GOR yang selama ini sempat terhenti. ?Atas nama UGM saya ucapkan terima kasih atas hibah ini,? katanya.

Rektor menambahkan, keberadaan gelanggang olahraga yang berada di sebelah stadion Pancasila UGM ini nantinya bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya dalam meningkatkan prestasi olahrga di tanah air karena banyak mahasiswa UGM ini menjadi atlit nasional. ?Kita bertekad UGM bisa menjadi pusat pembibitan atlit nasional,? katanya.

Meski tidak memiliki prodi olahraga, kata Rektor, mahasiswa UGM banyak menorehkan prestasi olahraga dan seni dalam berbagai kegiatan kompetisi di tingkat nasional dan internasional. Oleh karena itu, pihaknya terus berkomitmen untuk  menambah jumah fasilitas olahraga  di dalam kampus. ?Kita akan terus berusaha memperbaiki fasilitas olahraga, terkait GOR ini, UGM akan menyiapkan dana untuk meneruskan pembangunannya dan menyelesaikannya,? pungkasnya. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.