Berita Nasional Terpercaya

BPBD Klaten Siapkan 25 Ribu Masker Antisipasi Hujan Abu Merapi

0

KLATEN, BERNAS.ID – Erupsi Gunung Merapi menyebabkan hujan abu mengguyur sejumlah wilayah di Klaten, Jawa Tengah. Mengantisipasi hal tersebut, BPBD Kabupaten Klaten telah menyiapkan 25 ribu masker untuk dibagikan kepada warga.

Berdasarkan rilis resmi dari BPBD Kabupaten Klaten, Sabtu (5/1/2019) sore menyatakan, kejadian hujan abu vulkanis Gunung Merapi terus dilaporkan oleh warga masyarakat sekitar Kemalang, Klaten.

Pada Sabtu siang tadi Desa Balerante, juga mengalami hujan abu. Meski belum berdampak signifikan terhadap aktivitas warga sekitar.

Kepala BPBD Kabupaten Klaten,Bambang Giyanta, mengatakan sejak Jumat (4/1/2019) malam, pihaknya telah mengirimkan 2.600 masker ke Desa Tegalmulyo, Kemalang, yang melaporkan terjadinya hujan abu.

Bambang menjelaskan pihaknya juga menggutus Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Klaten ke desa-desa di lereng Merapi guna memantau perkembangan.

“Siang tadi pukul 11.50 WIB, hujan abu tipis terjadi di lereng Merapi. Sangat tipis dan tidak berdampak pada aktivitas warga,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala BPBD Provinsi Jawa Tengah, Sarwa Pramana, juga ikut memantau perkembangan Gunung Merapi langsung ke Klaten.Sarwa Pramana langsung berkoordinasi dengan jajaran Kalak BPBD Klaten, sekretaris dan pejabat lainnya.

Sarwa berharap masyarakat tetap tenang karena aktivitas merapi masih level waspada. “Hujan abu juga tidak berdampak pada aktivitas warga dan masyarakat bisa melanjutkan aktivitas ronda sekaligus memantau perkembangan Gunung Merapi,” katanya.

Berdasarkan pantauan Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG), guguran lava terpantau di Gunung Merapi pada Jumat (4/01/2019) pukul 21.01 WIB, dengan amplitudo 70 mm, durasi 150 detik dan jarak luncur ± 1.2 kilometer, arah ke hulu Kali Gendol. Tingkat aktivitas Merapi saat ini masih dalam level Waspada (Level 2). (cdr)

Leave A Reply

Your email address will not be published.