Berita Nasional Terpercaya

Hokya Traditional Dance Meriahkan Pasar Nini Thowok

0

KULONPROGO, BERNAS.ID — Kelompok Tari Hokya Traditional Dance dari Nagan Kulon, Kelurahan Kadipaten, Kecamatan Kraton, Yogyakarta, Minggu (06/01/2019), ikut memeriahkan parade tari di Pasar Nini Thowok, Dusun Bendung Khayangan, Desa Pendoworejo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulonprogo. Kegiatan parade tari ini merupakan agenda rutin setiap hari Minggu Legi atau selapan (35 hari) sekali berdasar perhitungan kalender Jawa, disesuaikan dengan hari pasaran (buka) Pasar Nini Thowok.

Jumlah penampil pada hari Minggu Legi, 6 Januari 2019 pagi itu, ada lima grup sanggar tari, diantaranya dua sanggar tari dari Kota Yogyakarta, yaitu Hokya Traditional Dance dan Sanggar Kinanti Sekar. Sedang tiga sanggar tari lainnya dari tuan rumah sendiri Kabupaten Kulonprogo, Sanggar Larasati dari Dusun Karang, Dusun Kemesu, serta Dusun Tileng. Sebagai pemandu acara, duo MC Kocak Mbok Jum dan Trinil dari Angkringan TVRI Jogja.

Ketua Sanggar Hokya Traditional Dance, Muhammad Habib Wicaksana, kepada Bernas.id, usai pagelaran menjelaskan, bahwa sanggar tarinya didirikan pada tahun 2016, dengan anggota telah mencapai belasan yang semua adalah teman sebaya dan sepermainan di Kampung Nagan Kulon. Meskipun usia sanggar masih relative muda atau baru tiga tahun silam, namun kiprah pementasan dari panggung ke panggung telah puluhan kali dilakukan.

?Sanggar atau Kelompok Hokya Traditional Dance ini dibentuk tahun 2016, jumlah anggota ada belasan yang semua teman-teman yang mempunyai hobi menari. Dalam sanggar tari kami, selain belajar seni tari moderen atau tari garapan dan seni tari tradisional. Juga ada kelompok tari jatilan,?jelas Habib.

Sementara jenis tarian yang ditampilkan oleh kelompok tersebut, Tari Iclik Jangkit dan Tari Krida ing Jaroh berupa fragmen jaranan (jatilan) dari Tulungagung, Jawa Timur. Dan sebagai kelompok seni dan budaya, Hokya Traditional Dance yang juga didukung oleh Kelurahan Kadipaten ini, telah didaftarkan pada Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta.

Sebagaimana yang telah diberitakan, bahwa Pasar Nini Thowok merupakan pasar aneka kuliner khas Kabupaten Kulonprogo yang dipadukan dengan pementasan kesenian tari-tarian yang digagas oleh Maestro Tari dan Budayawan Didik Nini Thowok. Pasar ini hanya buka setiap hari Minggu Legi, Pukul 06:00 ? 10:00 WIB. (ted)

Leave A Reply

Your email address will not be published.