Berita Nasional Terpercaya

Dewan Awasi Penyaluran Dana Kelurahan di Jogja

0

YOGYA, BERNAS.ID – Komisi A DPRD DIY melakukan pemantauan ke kantor Kelurahan Suryatmajan Yogyakarta,  Selasa  (8/1/2019).  Pemantauan dilakukan terkait pemberian dana kelurahan dari pusat yang turun mulai tahun anggaran 2019.

Ketua Komisi A DPRD DIY Eko Suwanto menerangkan, setelah diperjuangkan, total alokasi anggaran yang turun adalah Rp. 3 triliun.  Seluruh kelurahan se-Kota Jogja mendapat Rp. 352.941.000, sehingga total untuk Kota Jogja Rp. 15.882.345.000.

“Ke depan ada dua poin penting yang didiskusikan, yaitu pembangunan sarana dan prasarana, serta pemberdayaan masyarakat di kelurahan. Ini adalah dana tambahan selain dana keistimewaan. Harapannya bisa mendorong kesejahteraan masyarakat,” ujarnya.

Ia meminta kelurahan lalu bisa menghitung kenaikan lapangan kerja. Setiap rupiah dana kelurahan yang dikeluarkan menurutnya harus mampu meningkatkan lapangan kerja. Dana kelurahan juga harus mampu memingkatkan pendapatan masyarakat.

“Yang ketiga untuk perbaikan sarana dan prasarana, sehingga dana kelurahan ini bisa menyelesaikan permasalahan di Kota Jogja, sehingga tidak boleh dikorupsi,” tegasnya.

Lurah Suryatmajan Ari Suryani menerangkan, penggunaan dana kelurahan secara fisik adalah untuk pengadaan tabung APAR (alat pemadam kebakaran) untuk masing-masing RT. Selain itu pihaknya akan memasang CCTV di Jembatan Jambu, untuk keamanan dan ketertiban masyarakat, karena rawan terjadi perselisihan antar warga.

“Kami juga ingin pemberdayaan masyarakat ditingkatkan, salah satunya dengan pengembangan UMKM batik sibori yang mulai dikenal di pasar luar Jogja,” jelasnya. (den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.