Berita Nasional Terpercaya

Mahfud MD dan Tokoh Nasional Lain Bentuk Suluh Kebangsaan di Jogja

0

YOGYA, BERNAS.ID – Mahfud MD dan beberapa tokoh nasional lain seperti Sri Sultan HB X, Syafii Maarif, dan Benny Susetyo berkumpul di Bale Raos Yogyakarta, mendeklarasikan gerakan Suluh Kebangsaan, Rabu (9/1/2019). Deklarasi ditandai dengan sarasehan membahas berbagai isu kebangsaan.

“Suluh kebangsaan ini lahir dari keprihatinan, karena selama satu dua tahun ini risau karena munculnya gejala baru, perpecahan dan saling menyerang,” ujar Mahfud MD.

Menurutnya, saat ini muncul gejala perpecahan karena politik identitas yang begitu keras. Satu identitas terpecah menjadi sub identitas yg saling menyerang.

“Misal si A dinyatakan tidak Islam, dan saling menuding. Dan itu diperparah oleh hoax. Ini yang paling membahayakan, karena banyak mempengaruhi persepsi dan perilaku masyarakat. Harus ada gerakan yang menyatukan lagi, disebut Suluh Kebangsaan,” ujar Mahfud.

Ia mengajak semua pihak untuk tidak menjadi tercerai-berai gara-gara pemilu 2019.
Karena pemilu hakikatnya adalah memilih pemimpin, dan yang terpilih harus diikuti sesuai ketentuan hukum. 

“Jangan sampai Indonesia menjadi seperti Suriah. Itu bisa saja terjadi. Kalau Indonesia mengalami itu bisa lebih parah, karena Indonesia lebih majemuk,” ujarnya.

Ia mengaku, untuk sementara ini akan memimpin Suluh Kebangsaan. Selanjutnya, ia dan berbagai tokoh akan mengadakan berbagai perjalanan ke Indonesia, mengadakan forum-forum dialog kebangsaan. 

“Kami akan mengundang rektor, tokoh agama, kepolisian, dan media massa agar yang dilakukan bisa didengar banyak orang,” katanya. (den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.