Berita Nasional Terpercaya

Gubernur Optimis Pembangunan NYIA Sesuai Target

0

KULONPROGO, BERNAS.ID – Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X beserta rombongan melakukan kunjungan kerja guna meninjau progres New Yogyakarta International Airport (NYIA), Senin (8/1/2019) di Temon, Kulonprogo, tak hanya sebatas menyimak laporan dari pihak Angkasa Pura I di ruang VVIP, namun Gubernur memang sengaja mengagendakan untuk bisa turun langsung meninjau lokasi proyek dan memantau sejauh mana proyek berjalan.

Sembari berjalan kaki berkeliling proyek dan mendengarkan penjelasan dari PT PP, Gubernur terlihat antusias dan menanyakan beberapa pertanyaan seperti tentang second alternatif apabila ada masalah dengan runway, kekuatan alternatif runway sendiri apakah sama dengan kekuatan runway utama, dan juga mengenai requirement techniques apakah sama atau tidak dengan yang primer.

?Ini (NYIA) akan menjadi salah satu kebanggaan, jadi jangan sampai hal-hal yang harusnya bisa diantisipasi justru menjadi masalah nantinya,? ujarnya Sri Sultan.

Tak hanya berhenti di satu titik saja, namun Sri Sultan juga menyempatkan berkeliling menggunakan kendaraan roda empat untuk melihat proses pengerjaan  runway serta memantau bagaimana para pekerja melakukan tugasnya. Dari pengerjaan gedung parkir, gedung terminal, brideview sisi barat dan timur runway, aksesbilitas, apron, serta fixed bridge tak luput dari pengamatan.

?Ini ada 14 crane yang di pakai ya, mudah-mudahan lancar pengerjaannya,? katanya.

Masih di lokasi proyek, Sri Sultan menyampaikan bahwa progres pembangunan masih sesuai schedule  yang telah dibuat. Melihat kondisi di lapangan serta mengetahui bahwa tiap hari program diverifikasi dan ada penugasan yang jelas, pihaknya optimis bahwa  April nanti bisa dioperasikan untuk minimum operasi penerbangan internasional terlebih dahulu. Tak hanya menyoroti masalah pembangunan infrastruktur, namun beliau juga menyoroti masalah kesejahteraan masyarakat. Beliau berharap masyarakat juga bisa ikut menikmati dampak positif dari pendirian NYIA. Oleh karena itu menurut beliau, Pihak Angkasa Pura I telah melakukan kesepakatan dengan masyarakat sekitar lokasi proyek untuk pemberdayaan masyarakat.

?Masyarakat yang berpotensi sesuai kesepakatan kita sudah dididik oleh Angkasa Pura untuk bisa menjadi bagian dari SDM, di luar itu nantinya pasti ada CSR yang akan menangani pemberdayaan masyarakat juga,? jelasnya.

Ketika akan meninggalkan lokasi proyek dan kembali ke ruang VVIP bandara, Sri Sultan menyampaikan pesan untuk para pekerja dan pelaksana proyek untuk tetap melakukan pekerjaan dengan baik dan selalu berhati-hati dikarenakan proyek ini bukanlah suatu pekerjaan yang ringan dan harus dilakukan dengan penuh tanggung jawab.

?Saya kira semua pihak yang bekerja punya  motivasi untuk bekerja dengan baik, antara pekerja dengan manajemen harus bisa saling bersinergi dan bertanggung jawab,? pungkasnya. (*/cdr)

Leave A Reply

Your email address will not be published.