Berita Nasional Terpercaya

Gubernur DIY Resmi Membuka Sarasehan Kebangsaan

0

YOGYAKARTA, BERNAS.ID – Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X secara resmi membuka Sarasehan Kebangsaan yang diselenggarakan oleh Gerakan Suluh Kebangsaan pada hari Rabu (9/1/2019) di Bale Raos, Yogyakarta.

Acara Sarasehan Kebangsaan ini menghadirkan Prof. Mahfud MD, Prof. Syafii Maarif, dan Romo Benny Susetyo sebagai pemantik dan Dr. Siti Ruhaini Dzuhayatin, M.A. sebagai moderator diskusi. Serta dihadiri tamu undangan lainnya seperti Danrem 072/Pamungkas, Wakapolda DIY, Rektor Universitas dan Akademi di DIY, Para Pimpinan Majelis Keagamaan, Para Pemuka Agama, dan Perwakilan Ikatan Keluarga Mahasiswa.

Dalam sambutannya, Sri Sultan HB X mengatakan, nilai-nilai Pancasila sebagai faktor penentu Semangat Kebangsaan, membawa konsekuensi agar menjadikannya sebagai basis membangun peradaban dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara yang bermartabat dan berkeadilan.

“Nilai-nilai Kebangsaan, ketika dituntut agar menjadi nilai-nilai yang hidup (living values) memerlukan revitalisasi dan sikap kreatif terus menerus guna memperkuat ketahanan budaya bangsa,” ujarnya.

Sementara itu Ketua Gerakan Suluh Kebangsaan Prof. Mahfud MD mengungkapkan bahwa tujuan dari sarasehan ini adalah untuk memperkuat rasa nasionalisme, memperkokoh persatuan dan kesatuan untuk kejayaan Indonesia.

?Kita rawat Negara Republik Indonesia karena sungguh nyaman kita hidup di Indonesia ini. Dan berdosa kita kalau kita abaikan negara ini karena nanti, anak cucu kita tidak akan menikmati kenyamanan seperti kita, manakala kita lalai sekarang ini menjaga kesatuan Republik Indonesia,” katanya. (cdr)

Leave A Reply

Your email address will not be published.