Berita Nasional Terpercaya

Nanokitosan dari Cangkang Kepiting, Anti Hama Ramah Lingkungan

0

SLEMAN, BERNAS.ID- Peneliti UGM, Dr Ronny Martien, berhasil mengolah limbah cangkang kepiting dan udang menjadi nanokitosan untuk menekan hama pertanian yang ramah lingkungan. Ronny mengungkapkan pengembangan formula nanokitosan bermula dari keprihatinannya terhadap penggunaan pestisida yang cukup tinggi untuk membasmi hama di perkebunan sayur dan buah daerah Ngablak, Kopeng, Jawa Tengah.

“Penggunaan pestisida dalam jumlah besar yang dilakukan para petani memang mampu mengurangi serangan hama perkebunan, tetapi ini berbahaya,”tuturnya kepada wartawan dalam konferensi pers di Kantor Humas UGM, Jumat 11 Januari 2019.

Ronny menyampaikan iklim tropis di Indonesia menjadikan kawasannya rentan terhadap serangan hama terutama jamur dan bakteri. Pasalnya, iklim tropis dengan suhu udara dan kelembaban yang tinggi menyebabkan jamur, bakteri, maupun serangga mudah tumbuh dan berkembang biak. “Jadi tidak akan pernah selesai dengan urusan hama ini, tapi akan sampai kapan kita membasmi serangga memakai pestisida,”ucapnya.

Melihat kondisi tersebut Ronny tergerak untuk mencari solusi mengatasi persoalan tersebut. Dia pun melakukan penelitian untuk menciptakan teknologi yang mampu melindungi tanaman dari kerusakan akibat serangan hama. 

Karena telah lama menekuni kajian nanopartikel, muncul ide untuk membuat nanokitosan guna melindungi tanaman dari hama. Dia pun memanfaatkan limbah cangkang kepiting dan udang yang mengandung senyawa kitin menjadi kitosan dalam ukuran nano partikel berwujud cair. “Bukan seperti pestisida yang membunuh hama, tetapi nanokitosan disemprotkan untuk melapisi (coating) tanaman sehingga melindungi dari serangan hama,”jelas pakar nanoteknologi ini.

Formula nanokitosan yang dikembangkan mengandung antimikrobia sehingga memiliki kemampuan untuk menghambat pertumbuhan bakteri dan jamur. Selain itu, bersifat non-toksik, biodegradabel, dan biocompatible. 

Tidak hanya mampu melindungi tanaman dari serangan hama. Karena kuman merupakan biopolimer atau polimer alam maka aman bagi manusia dan ramah lingkungan “Formula ini juga dapat menyuburkan tanaman karena mempunyai kemampuan mengikut unsur hara di alam sehingga dapat meningkatkan produktivitas tanaman,? katanya.

Pengembangan nanokitosan ini diharapkan Ronny mampu mengurangi penggunaan pestisida di sektor pertanian. Dengan demikian mampu menekan efek berbahaya peptisida bagi kesehatan manusia, namun tetap mampu melindungi tanaman dari hama.

Formula nankitosan yang dikembangkan Ronny telah diimplementasikan oleh petani di berbagai wilayah lndonesia antara lain di Kopeng, Tawangmangu, Kediri, dan Lombok Barat. Bahkan telah digunakan oleh sejumlah industri pertanian lndonesia.

Ronny menambahkan nanokitosan juga dimanfaatkan sebagai pengawet organik makanan, misalnya, untuk mengawetkan buah, sayur, ikan maupun bahan pangan lainnya, ?Bisa memperpanjang umur simpan produk makanan hingga 3 bulan dan juga menjaga kualitas produk,”paparnya. 

Sahdi, anggota Poktan Mula Jati Desa Gelogor Kec. Kediri, Lombok Barat, mengaku mendapatkan banyak manfaat dan keuntungan dengan aplikasi nanokitosan pada tanaman padi di daerahnya. Tanaman padi dapat tumbuh lebih baik dengan daun yang banyak dan lebih hijau serta kerapatan tanaman lebih padat dibandingkan dengan tanaman padi yang tidak diberi nanokitosan. 

“Yang tidak diberi nanokitosan tumbuhnya jarang-jarang dan warna daunnya kuning,”terangnya. 

Dia menambahkan hasil panen pun semakin meningkat. Sebelumnya dari 1 hektar lahan hanya menghasilkan 7 ton, namun dengan aplikasi nanokitosan menghasilkan panen 13 ton. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.