Berita Nasional Terpercaya

Pameran Nusantara, Hadirkan Puluhan Karya Visual Perupa Anak dan Dewasa

0

YOGYA, BERNAS.ID – Pameran seni rupa keluarga Nusantara dihadirkan di Jogja Gallery, Mulai 12 ? 21 Januari 2019. Ini adalah pameran gabungan antara puluhan seniman cilik dan dewasa.

“Hari ini saya merasa bangga karena seniman-seniman bersatu untuk mewujudkan Jogja sebagai kota budaya,” ujar Yani Saptohudoyo yang membuka pameran, Sabtu (12/1/2019).

Sukoco Hayat DP selaku ketua panitia mengatakan, pameran ini menghadirkan karya lukisan dan karya 3D dan juga fotografi. Total ada 80 perupa, dimana 15 di antaranya adalah anak-anak.

“Ini adalah pameran dari lintas komunitas, diprakarsai oleh Sedulur Nyeni dan Arundaya. 
Pameran ini diikuti oleh perupa dari Bali dan berbagai kota di Jawa,” ujar Sukoco.

Pameran Nusantara ini menurutnya intinya adalah memberi kesempatan generasi anak berkembang bersama dengan perupa dewasa. Temanya tema budaya dan berbagai hal lain yang bersifat Nusantara. 

“Mereka mempunyai karakteristik unik masing-masing. Tapi masih standar. Hanya ada satu yang beda, anak kecil memakai kanvas besar, yaitu Tores, pelukis anak dari Jogja,” ungkap dia.

Yang unik lagi menurutnya adalah ada satu keluarga, Ibu Ni Luh Sudarti dan ketiga anaknya  ikut semua berpartisipasi memamerkan karya masing-masing di acara ini. Ia mengaku, konsep pameran semacam ini baru pertama kali digelar, dan diharapkan bisa digelar lagi ke depan.

“Sebab ini penting untuk memberi ruang pada anak untuk bisa tampil. Kita memberi ruang bagi anak untuk menjadi generasi pengganti ke depan,” ujarnya. (den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.