Berita Nasional Terpercaya

UWMY Gelar Widya Mataram Got Talent

0

YOGYAKARTA, BERNAS.ID – Universitas Widya Mataram Yogyakarta (UWMY) yang telah berdiri sejak 1982, saat ini memiliki 2 kampus yaitu di nDalem Mangkubumen dan di dalam Jogja City Mall Lantai 1. UWMY memiliki 10 Program Studi yaitu Manajemen, Akuntansi, Ilmu Hukum, Sosiologi, Administrasi Negara, Arsitektur, Teknik Industri, Teknologi Pangan, dan tahun lalu ada 2 program studi baru yaitu Ilmu Komunikasi dan Bisnis Kewirausahaan. 

Baca juga: Daftar Kampus Jurusan Perhotelan dan Pariwisata di Indonesia

Program Studi Bisnis Kewirausahaan yang nantinya lulusannya bergelar Sarjana Bisnis adalah program studi yang sedang naik daun saat ini karena para mahasiswa dilatih untuk masuk ke dunia bisnis riil sejak di awal semester perkuliahan. Kurikulum didesain untuk memberikan pembekalan kepada para mahasiswa untuk bisa melakukan start up bisnis offline maupun online.

Mahasiswa sudah bisa memiliki bisnis sendiri dan memiliki penghasilan sejak di bangku kuliah. Mahasiswa Bisnis Kewirausahaan UWMY di Semester 1 menempuh matakuliah berbasis project, belajar menjadi EO sebuah event dengan mengadakan kompetisi dan menggelar panggung di mall. 

Para mahasiswa semester 1 Prodi Bisnis Kewirausahaan UWMY awal tahun ini, 12-13 Januari 2019  menyelenggarakan event Widya Mataram Got Talent dengan tema “Show-up Your Cultural Excellence” dengan peserta baik individu maupun grup sebanyak 35 peserta, memperebutkan Piala GKR Hemas serta uang cash jutaan rupiah dan hadiah lainnya. UWMY menggandeng JCM dan The Rich Hotel menyelenggarakan event yang diharapkan akan menjadi event tahunan. UWMY juga menggandeng puluhan UMKM Koperasi AKU Sejahtera bimbingan GKR Mangkubumi yang akan berpameran dan menjual produk selama 2 hari di Atrium JCM. Event Widya Mataram Got Talent ini akan menghadirkan Mas Paijo, penyanyi lagu-lagu cover ala Jawa dari Jakarta yang sedang naik daun.

Baca juga: Jurusan Manajemen: Pengertian Ilmu Manajemen dan Daftar Universitas
 
Menurut Inge Gunawan, dosen project Bisnis Kewirausahaan dan juga Pengurus Yayasan Mataram Yogyakarta mengatakan, melalui event ini para mahasiswa diajar untuk bisa berbisnis dengan praktik langsung ke lapangan, negosiasi dan presentasi mencari sponsor untuk pendanaan.

“Mencari peserta lomba, vendor bazaar dan membangun networking, bisa untuk mengasah communication skill mereka,” ujarnya.

Hari Minggu tanggal 13 Januari dilakukan Babak Final untuk 10 Finalis Widya Mataram Got Talent dan juga akan dilakukan penjurian kompetisi bidang UMKM dengan 4 kategori lomba yaitu:
Kategori Keuangan Terbaik akan memperebutkan Piala GKR Hemas.
Kategori Display Booth Terbaik akan memperebutkan Piala GKR Mangkubumi.

Baca juga: 10 Prospek Kerja Lulusan Akuntansi di Berbagai Profesi

Kategori Produk Terunik akan memperebutkan Piala Prof.Mahfud MD (Ketua Yayasan Mataram Yogyakarta).
Kategori Pengunjung Terbanyak memperebutkan Piala Rektor UWM.
Masing-masing pemenang akan mendapatkan uang binaan jutaan rupiah. 
Acara puncak pada Hari Minggu tanggal 13 Januari 2019 dilakukan sore hingga malam, dengan penyerahan piala oleh GKR Hemas dan juga dihadiri oleh Prof. Mahfud MD, Prof Edy Suandy Hamid rektor UWM, Direktur BPD, serta tamu-tamu VIP lainnya. 

UWMY kampus dengan tagline “The Campus for Cultural Excellence” diharapkan mampu menjadi universitas yang menjadi pusat studi budaya Jawa yang terbesar di Indonesia bahkan di Asia Tenggara. Sesuai dengan amanah dari Sri Sultan HB X, UWM menjadi kampus yang berbasis budaya, yang siap bersaing di kancah internasional di era Revolusi Industri 4.0.  (cdr)

Baca juga: Jurusan IT: Pengertian, Mata Kuliah, dan Prospek Kerja Terbaru

Leave A Reply

Your email address will not be published.