Berita Nasional Terpercaya

Dijadikan Lagu Kampanye, Pencipta Lagu Jogja Istimewa Geram

0

YOGYAKARTA, BERNAS.ID – Rapper Marzuki Mohamad atau juga dikenal dengan nama Kill The DJ keberatan lirik lagu 'Jogja Istimewa' diganti menjadi dukungan ke capres Prabowo Subianto. 

Hal itu diketahui dari sebuah video yang beredar di media sosial yang memperlihatkan ibu-ibu menyanyi. Tidak diketahui kapan dan di mana persisnya video itu direkam. Berikut ini lirik lagu di video tersebut:

“Jogja Jogja Jogja Istimewa
Prabowo Sandi Pilihan Kita
Jogja Jogja Jogja Istimewa
Adil dan Makmur Tujuan Kita”

Sedangkan penggalan lirik lagu 'Jogja Istimewa' yang asli adalah sebagai berikut:

“Jogja Jogja Tetap Istimewa
Istimewa Negrinya, Istimewa Orangnya
Jogja Jogja Tetap Istimewa
Jogja Istimewa untuk Indonesia”
Marzuki Mohamad me-retweet cuitan video tersebut. Sebagai pemilik hak cipta lagu tersebut, dia keberatan.

“Maling laguuuu bangs*t !!! Yang gak terima bukan cuma saya sebagai pemilik hak cipta, orang Jogja juga gak akan terima lagu ini dipakai buat kampanye Pilpres!!!”tulis Marzuki, Senin (14/1/2019).

Protes yang sama disampaikan Marzuki di Instagram. “Mengubah laguku untuk kampanye Pilpres tanpa ijin adalah pelanggaran hak cipta !!!” tulisnya.

Sementara itu Sekretariat Bersama (Sekber) Keistimewaan DIY yang mengaku sebagai pihak yang memiliki keterkaitan historis dengan momentum kemunculan lagu tersebut mengecam keras aksi plagiat yang dianggapnya sebagai perilaku yang menistakan karya seniman dan menafikan esensi sejarah dari lagu itu sendiri.

“Kami Sekber Keistimewaan DIY mendukung langkah Marzuki Mohammad membawa kasus ini keranah hukum, dan menyerukan segenap komponen bangsa terlebih menghadapi pemilu 2019, agar berpolitik dengan mengedepankan etika moral dan tunduk pada perundang-undangan yang berlaku,” kata Ketua Sekber Keistimewaan DIY, Widihasto Wasana Putra.

Dia juga menegaskan, politik tanpa etika dan moral serta kepatuhan pada hukum akan memunculkan anarki yang merusak tata kehidupan berbangsa dan bernegara. (cdr)

Leave A Reply

Your email address will not be published.