Berita Nasional Terpercaya

DIY Ikuti Matka Nordic Travel Fair 2019 di Helzhinki Finlandia

0

YOGYAKARTA, BERNAS.ID — Mengawali kegiatan tahun 2019 Pemerintah Daerah (Pemda) DIY mengikuti kegiatan  Matka Nordic Travel Fair 2019 di Helzhinki Finlandia, yang diselenggarakan pada tanggal 17 – 20 Januari 2019, bertempat di Gedung Messeukes, Helzhinki , Finlandia.

Dalam kegiatan tersebut Pemda DIY mengirimkan rombongan yang terdiri, pelaku industri pariwisata, tim kesenian, Kadin dan Badan Promosi Pariwsata, dengan menghadirkan produk dan paket wisata DIY. Juga menampilkan hasil kerajinan berupa industri kulit, batik dan produk makanan. Untuk makanan tradisional menampilkan Bakpia BW, serta makanan tradisional lainnya .

?Pada kesempatan ini DIY menempati Booth No 7m13, dengan Luas 20 m2 , menampilkan aneka potensi destinasi wisata di DIY, yaitu Candi Prambanan,  Kraton dan Gunung Merapi.  Juga menampilkan promosi tentang bandara baru NYIA dan menyajikan Kopi Merapi yangg dihadirkan oleh Gaia Cosmo,?papar Kepala Dinas Pariwisata DIY,  Bp.  Singgih Raharjo, SH,  MEd.  kepada Bernas.id, Kamis (17/01/2019) melalui pesan Whats App (WA).

Pada hari pertama pembukaan Matka Nordic (17/1),  di Panggung Inspiration,  yang dihadiri oleh semua perwakilan dari peserta Travel Mart. Peserta dari DIY dihadiri oleh Gubernur DIY Sri Sultan HB X dan GKR. Hemas, Ketua Kadin, Kepala Dispar, Disperindag, Kadisbud DIY, dan Badan Promosi Pariwisata DIY. Juga tampak hadir Asisten Perekonomian dan Pembangunan, serta Kepala Dinas Perijinan dan Penanaman Modal ( DPPM).

Sementara pada saat pembukaan,  Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Helzhinki berkesempatan menyelengarakan resepsi di Booth Pemda DIY dan Kementrian Pariwisata, menjamu para buyers yang terdiri tour operators dan airlines. Selain menampilkan hiburan tarian Arjuna Wirajaya dan fashion show batik produk hasil kerjinan di DIY. Dalam kegiatan tersebut  juga diadakan bisnis forum dengan pengusaha dan Kadin Finlandia, serta pertemuan dengan warga Indonesia di Finlandia.

Gubernur DIY Sri Sultan HB X, mengatakan, bahwa ikut berpartisipasi pada Tim Matka Nordic Travel Fair ini, dimaksudkan agar dapat lebih memperkenalkan budaya dan pariwsata DIY. Serta keberadaan bandara baru NYIA yang akan dibuka pada bulan April 2019 , sehingga terdapat direct flight dengan akses penerbangan international dari banyak negara ke Yogyakarta.

Sultan juga mengharapkan, tour operator dan airlines yang hadir pada resepsi tersebut dapat melakukan kerjasama membuka jalur penerbangan dari banyak negara ke Yogyakarta dan menjadikan Yogyakarta semakin terkenal. (*/ted)

Leave A Reply

Your email address will not be published.