Berita Nasional Terpercaya

Materi Pendidikan Kebencanaan Terintegrasi dengan Mata Pelajaran Lain

0

YOGYA, BERNAS.ID?Kurikulum pendidikan tentang kebencanaan akan diintegrasikan dengan mata pelajaran yang sudah ada. Tidak berdiri sendiri sebagai satu mata pelajaran baru.

Plt. Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Jogja, Budi Asrori mengatakan berdasarkan kesepakatan terkait pendidikan kebencanaan tersebut akan diintegrasikan dengan mata pelajaran yang ada.

?Sudah ada struktur kurikulum SD, SMP, ya menjadi bagian dari suatu materi. Lebih banyak pendidikan karakter juga kan, termasuk juga yang pendidikan anti korupsi itu, selain kebencanaan,? ujar Budi, Sabtu (19/1/2019).

Integrasi tersebut nantinya akan ada dimata pelajaran pokok maupun dimasukan pada ekstrakulikuler, seperti pramuka atau ekstrakulikuler lainnya. Meski belum berdiri sendiri sebagai mata pelajaran, dikatakan Budi sejumlah usulan kurikulum seperti kebencanaan maupun anti korupsi akan semakin ditekankan mulai tahun ini.

Budi mengungkapkan juga bekerjasama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), untuk meningkatkan sekolah siaga bencana. Termasuk memberi pelatihan pada para pendidik atau guru.

Menurutnya yang perlu ditingkatkan saat ini kesadaran setiap saat bisa saja terjadi bencana. ?Bencanakan sebenarnya ada yang bisa diantisipasi seperti banjir, tanah longsor, tapi memang ada juga yang tidak bisa diprediksi seperti gempa atau gunung meletus. Antisispasinya korban diminimalisir manusia maupun sarana prasarana. Perlu kesadaran bersama,? ujarnya.

Hal senada juga diungkapkan Kepala Bidang Perencanaan dan Pengembangan Mutu, Dinas Pendidikan DIY, Didik Wardaya. Ia mengatakan bahwa untuk kurikulum kebencanaan akan terintegrasi dengan mata pelajaran yang sudah ada.

?Akan terintegrasi dengan mata pelajaran yang ada. Terlalu banyak juga saya rasa kalau berdiri sendiri, seperti halnya tentang berlalu lintas, antikorupsi atau yang lainnya jika berdiri sendiri,? ujar Didik. (den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.