Berita Nasional Terpercaya

Sendratari Arjuna Wirajaya Memukau Pengunjung Travel Mart Matka Nordic

0

YOGYAKARTA, BERNAS.ID — Dalam kegiatan Travel Mart Matka Nordic di Hilzhinky Finlandia, yang diselenggarakan pada tanggal 17 – 20 Januari 2019, bertempat di Gedung Messeukes, Hilzhinky, Finlandia, yang diikuti oleh Pemerintah Daerah (Pemda) Daerah Istimewa Yogyakarta, seperti yang telah diberitakan Bernas. Id, selain menampilkan aneka potensi destinasi wisata di DIY, yaitu Candi Prambanan,  Kraton dan Gunung Merapi.

Pemda DIY juga promosi tentang keberadaan bandara baru NYIA yang rencana mulai operasional bulan April 2019, penyajian minum Kopi Merapi dan makanan tradisional khas Yogyakarta, serta menampilkan hiburan sendratari Arjuna Wirajaya dan fashion show batik produk hasil kerjinan di DIY.

Kepala Bidang Pemasaran, Marlina Handayani, S.Pd, M.M kepada Bernas.id, Senin (21/01/2019) dalam rilis yang dikirim melalui Whats App (WA), mengatakan, bahwa dalam rangka ikut memeriahkan kegiatan Travel Mart Matka Nordic, pada tanggal 19 dan 20 Januari 2019, Tim Kesenian Dinas Kebudayaan DIY menampilkan sendratari Arjuna Wirajaya.

?Tampilan sendratari tersebut memukau penonton dan pengunjung Booth Pemda DIY, di Matka Nordic Travel Fair 2019. Dari awal sampai dengan akhir pagelaran, penonton tidak berkedip menyaksikan pentas sendratari tersebut. Bahkan ibu Dubes RI di Finlandia sangat mengapresiasi dan memuji tampilan sendratari Arjuna Wirajaya yang sangat spektakuler itu,?kata Marlina.

Sendratari Arjuna Wirajaya hasil besutan Sutradara/ Koreografer Anter Asmorotedjo dan Asisten Koreografer Pulung Jati Rangga Murti, serta Komposer Sudaryanto dan Penata Busana Anang Wahyu Nugroho, menceritakan sosok Arjuna dalam Epos Mahabarata. Dalam Filosofi Jawa, Arjuna digambarkan sebagai lambang manusia yang berilmu tinggi, ia gemar bertapa dan berguru pada siapapun untuk mendapatkan ilmu.

Karya epik Sendratari Wirajaya persembahan dari Anter Dance tersebut ditarikan oleh 12 penari, yaitu, Anter Asmorotedjo, Pulung Jati Rangga Murti, Anang Wahyu Nugroho, Hermawan Sinung Nugroho. Hendy Herdiawan, Putra Jalu Pamungkas, Widi Pramono, Eka Lutfi Febriyanto, Tirza Yoga Nugroho, Yuni Ratnasari, Katana Rista Putri, dan Renata Astria.

?Tarian ini berpijak pada tari tradisi Jawa Serta pewayangan Yogyakarta yang digarap menjadi karya baru yang dinamis, aktratif yang dikombinasikan antara tradisi dan moderen menjadi bentuk tarian Jawa Kontempores tanpa meninggalkan spirit Jawa,?papar Anter Asmorotedjo. (*/ted)

Leave A Reply

Your email address will not be published.