Berita Nasional Terpercaya

Setiap Pasaran Sabtu Legi, Taman Kaliurang Sajikan Sendratari

0

SLEMAN, BERNAS.ID- Setiap pasaran Jawa, Sabtu Legi, pengelola Taman Kaliurang kini menyuguhkan pertunjukan sendratari Arum Bhumi The Series. Pada penampilan perdananya, diangkat cerita Sekar Pembayun dengan episode Beksan Paseban  Sabtu 26 Januari 2019.

Menariknya, dalam alur sendratari ini, ada proses interaktif antara pemain dan penonton. Bentuk interaksinya, penonton akan dipandu untuk menikmati alur perjalanan Sekar Pembayun hingga akhir cerita dengan melewati beberapa seting tempat. Di antaranya, area Misbah Kanthil, lorong bersisi taman vertikal,  melalui pepohonan rindang, dan berakhir di sebuah bangunan joglo di Taman Kaliurang.

Agoes Kencrot, sang sutradara mengatakan Sendratari Sekar Pembayun mengangkat cerita cinta antara Sekar Pembayun dan Ki Ageng Mangir. Diselubungi usaha perjuangan Pembayun untuk memperluas wilayah Kerajaan Mataram.

“Kisah srikandi dari Mataram yang hampir terlupakan merupakan hal yang menarik untuk digali kembali guna menghidupkan kembali cerita epik tersebut di Taman Kaliurang,” jelasnya.

Wakil Bupati Sleman, Sri Muslimatun mengapresiasi pertunjukan sendratari yang diadakan oleh PT Anindya Mitra Internasional-Jogja tersebut karena adanya inovasi dalam mengemas sebuah karya pertunjukan.

“Saya kagum dengan pertunjukan sendratari ini karena penonton dibuat penasaran dengan alur cerita. Untuk mengetahui alur ceritanya penonton harus mengikuti setiap adegan yang berpindah-pindah tempat,” komentar Muslimatun.

Muslimatun berharap ke depan pertunjukan sendratari ini dapat rutin dilaksanakan. Selain untuk menambah minat wisatawan berkunjung ke Kaliurang, pertunjukan sendratari ini akan mendukung upaya Pemkab Sleman dalam menjaga kelestarian alam melalui penanaman pohon.

Istimewanya, seusai pementasan sendratari, secara serentak, penonton akan diajak untuk menanam pohon di sekitar taman sebagai tanda pemeliharaan alam. Sebelum  ditanam, penanam pohon diminta menuliskan harapan terlebih dahulu pada sebuah wadah khusus yang kemudian dimasukkan dalam pot.

Penonton yang berminat untuk menanam pohon di taman bisa mendaftarkan dirinya terlebih dahulu agar mendapatkan kartu anggota dengan masa berlaku selama satu tahun. Pertumbuhan tanaman akan dilaporkan secara periodik pada anggota melalui website www.arumbhumi.com. Perawatan selama satu tahun menjadi btanggung jawab pengelola Taman Kaliurang. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.